Inovasi Pembelajaran Biologi melalui Pengembangan Modul Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Siswa SMA

Muh. Ridwan(1*), Rahma Zafirah.S(2), Vivi Salvia Baharsyah(3), . Nurhayati(4), Rachmawaty Rachmawaty(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran biologi berbasis keterampilan proses sains (KPS) pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan yang valid dan praktis bagi peserta didik Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development). Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui proses validasi modul pembelajaran dan angket respon peserta didik dan guru terhadap modul pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dikatakan valid karena modul pembelajaran biologi berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dengan kategori valid. Modul pembelajaran dikatakan sangat praktis karena peserta didik dan guru memberikan respon sangat positif terhadap modul pembelajaran.

 

Kata kunci: biologi, jaringan hewan,  keterampilan proses sains, modul.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 49 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.