Analisis Hubungan Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Retensi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kota Palopo

Rini Mursalim(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak:   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antar kecerdasan Interpersonal dan kecerdasan Intrapersonal terhadap retensi dan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri di Kota Palopo. Kecerdasan interpersonal diukur dengan indikator berteman dan indikator belajar mempercayai, sedangkan kecerdasan Intrapersonal diukur dengan indikator pengharapan diri sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis  korelasi yang dianalisis dengan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri di Kota Palopo. Pengumpulan data pada penelitian ini digunakan dengan menggunakan Instrumen kecerdasan Interpersonal dan kecerdasan Intrapersonal dan lembar obsevasi/kuesioner kecerdasan Interpersonal dan kecerdasan Intrapersonal. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan analisis statistik deskritip dan statistik korelasi pearson product moment yang kemudian dilakukan uji korelasi bivariate one-tailed dengan program IBM SPSS statistic. Berdasarkan temuan penelitian terdahulu oleh Arjun Fatah Amitha (2016), Hubungan kecerdasan Interpersonal dengan hasil belajar yang mengatakan bahwa jika kecerdasan Interpersonal semakin tinggi maka hasil belajar semakin tinggi pula. Sedangkan, berdasarkan penelitian terdahulu oleh Deddy Wahyudi (2011) Pembelajaran IPS berbasis kecerdasan Intrapersonal, interpersonal dan Eksistensial, mengatakan bahwa Implementasi pembelajaran berbasis kecerdasan intrapersonal, Interpersonal dan Eksistensial dapat meningkatkan kualitas aktivitas peserta didik maupun guru sehingga dimungkinkan untuk terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik.  Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal, Retensi dan Motivasi  Belajar.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 238 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.