PENGEMBANGAN PERILAKU KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI

Rusmayadi Rusmayadi(1*),

(1) Dosen Program studi PGPAUD Fakultas Ilmu PendidikanUniverstas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Keterampilan sosial merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki sejak dini agar individu tersebut mampu menghadapi problema hidup dalam kaitannya sebagai makhluk sosial yang selalu terus-menerus berinteraksi. Keterampilan sosial merupakan pengetahuan tentang perilaku manusia dan proses antarpribadi, kemampuan memahami perasaan, sikap, motivasi orang lain tentang apa yang dikatakan dan dilakukannya, dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif serta kemampuan membangun hubungan yang efektif dan kooperatif. Anak yang memiliki keterampilan sosial akan lebih efektif karena ia mampu memilih dan melakukan perilaku yang tepat sesuai dengan tuntutan lingkungan. Seorang anak dikatakan memiliki keterampilan sosial yang tinggi apabila ia dapat berkomunikasi dengan baik sesuai aturan (tatacara) dengan sesamanya di dalam sebuah kelompok.

Keywords


keterampilan sosial, pendidikan anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Ann Miles Gordon and Kathryn Williams Browne, Beginnings and Beyond, Foundations in Early Childhood Education, Eight Edition, (Belmont, Wadsworth, 2008), h.482.

Ashley, et al, loc.it.

Audrey Curtis, A curriculum for the pre-school child Learning to learn, Second edition, (London, Routledge, 1997), h.43.

Canney, C., Byrne, A, Evaluating circle time as a support to social skills development – reflections on journey in school-based research. (British Journal of Special Education, 2006), hh. 19-24.

Chris Segrin and Michelle Givertz, loc.cit

David R. Shaffer, op.cit., h. 458.

Elliott, S. et al., New directions in social skills assessment and intervention for elementary and middle school students (Lawrence Erlbaum Associates, Exceptionality, 9, 2001), h.20.