PENDIDIKAN UNTUK SEMUA: PEMBANGUNAN DAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF IDEOLOGI-IDEOLOGI PENDIDIKAN

Muhammad Hasan(1*),

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar, Jl. A. P. Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan 90222
(*) Corresponding Author

Abstract


Keunggulan suatu bangsa tak lagi bertumpu pada kekayaan alam, melainkan pada keunggulan sumber daya manusia. Pendidikan menduduki posisi sentral dalam pembangunan karena sasarannya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia. Namun, modal manusia tersebut masih mengalami beberapa kendala khususnya yang terkait dengan pemerataan dan kualitas pendidikan. Tulisan ini bertujuan untuk melakukan kajian tentang aspek pembangunan dan pendidikan dalam perspektif ekonomi, khususnya dilihat dari aspek ideologi-ideologi pendidikan. Berdasarkan fenomen tersebut education for all perlu dikedepankan, suatu model pendidikan yang menekankan akan pentingnya pendidikan bagi semua orang, baik laki-laki maupun perempuan, orang kaya maupun orang miskin, sehingga dalam penerapan pendidikan itu tidak ada diskriminasi.

Keywords


pembangunan, pendidikan, ideologi pendidikan, pendidikan untuk semua

Full Text:

PDF

References


Aghion, P., & Howitt, P. (1998). Endogenous Growth Theory. Cambridge, MA: The MIT Press.

A’ing, Aylin. (2015). Studi tentang Pembangunan Bidang Pendidikan di Daerah Perbatasan Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Malinau. eJournal Pemerintahan Integratif, 2015, 3 (4): 545-559 ISSN: 2337-8670.

Barro, R. J. (1991). Economic Growth in a Cross Section of Countries. Quarterly Journal of Economics, 106(425), 407-43.

Barro, R., & Sala-i-Martin, X. (1995). Economic Growth. New York: McGraw-Hill.

Barro, R. J. (2001). Human Capital and Growth. American Economic Review, 91, 12-17.

Bassanini, A., & Scarpetta, S. (2002). Does Human Capital Matter for Growth in OECD Countries? A Pooled Mean-Group Approach. Economics Letters, 74, 399-405.

Becker, Gary S. (1962). Investment in human capital: A theoretical analysis. Journal of Political Economy, 70 (Supplement), 9-49.

Bloom, D. E., Canning, D., & Sevilla, J. (2004). The Effects of Health on Economic Growth: A Production Function Approach. World Development, 1-13.

Dewantara, Ki Hajar. (1977). Ki Hajar Dewantara: Bagian I. Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Engelbrecht, H. (2003). Human Capital and Economic Growth: Cross-Section Evidence for OECD Countries. Economic Record, 79, 40-51.

Fingleton, B. (2004). Some Alternative Geo-Economics for Europe's Regions. Journal of Economic Geography, 4, 389-420.

Ismail, Indriaty; Basir, Mohd. Zuhaili Kamal. (2012). Karl Marx dan Konsep Perjuangan Kelas Sosial. International Journal of Islamic Thought Vol. 1: June, 2012.

Jorgenson, D. W.; Gollop, F. M.; Fraumeni, B. M. (1987). Productivity and U.S. Economic Growth. Cambridge: Harvard University Press.

Jorgenson, D. W., Mun, S. H., & Kevin, J. S. (2003). Growth of US Industries and Investments in Information Technology and Higher Education. Economic Systems Research, 15, 279-325.

Krueger, A. B., & Lindahl, M. (2001). Education and Growth: Why and for Whom? Journal of Economic Literature, 39, 1101-1136.

Mankiw, N.G., Romer, D., & Weil, D.N. (1992). A Contribution to The Empirics of Economic Growth. Quarterly Journal of Economics, 107, 407-437.

Mincer, Jacob. (1958). Investment in Human Capital and Personal Income Distribution. Journal of Political Economy, 66(4), 281-302.

Musibau, B. A., & Rasak, A. A. (2005). Long Run Relationship between Education and Economic Growth in Nigeria: Evidence from Johansen’s Cointegration Approach. Cornel University, Dakar - Senegal.

Purwanto, Nurtanio Agus. (2006). Kontribusi Pendidikan Bagi Pembangunan Ekonomi Negara. Jurnal Manajemen Pendidikan, No. 02: Oktober, 2006.

Ritzer, George. (2003). Contemporary Sociologal Theory and Its Classical Roots: The Basics. New York: McGraw-Hill.

Romer, P. (1990). Endogenous Technological Change. Journal of Political Economy, 98, S71-S102.

Sauri, Sofyan. (2008). Strategi Pembangunan Bidang Pendidikan untuk mewujudkan Pendidikan Bermutu. Makalah, tidak dipublikasikan.

Schultz, Theodore W. (1961). Investment in Human Capital. The American Economic Review, 51, 1-17.

Suardi, Firdaus; Sulfasyah; Hanis, Nur. (2016). Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, Vol. IV No. 2 November 2016, ISSN e-2477-0221 p-2339-2401.

Vito, Benediktus; Hetty Krisnani; Risna Resnawaty. (2015). Kesenjangan Pendidikan Desa dan Kota. Prosiding KS: Riset & PKM, Vol: 2, No. 2, Hal: 147 – 300, ISSN: 2442-4480.


Article Metrics

Abstract view : 363 times | PDF view : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3