Potensi Model PjBL (Project-Based Learning) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Gaya Belajar Berbeda

Fauzan Akbar(1*), Arsad Bahri(2),

(1) Program Studi Pendidikan Biologi,STKIP Muhammadiyah Bulukumba
(2) Jurusan Biologi/ Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat6198902017

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan gaya belajar berbeda yakni gaya belajar visual, audio dan kinestetik.  Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik pada rombel X di SMA Negeri 1 Bulukumba. Penentuan rombel yang menjadi sampel penelitian dilakukan dengan cara random sampling. Setiap model pembelajaran diwakili oleh dua rombel sebagai kelas PjBL dan DI. Sampel penelitian yang digunakan adalah rombel X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, dan X IPA 4. Desain penelitian ini adalah pretest-postest nonequivalent control group design pola faktorial 2 x 3. Instrumen penelitian terdiri atas tes esay untuk mengukur motivasi belajar biologi peserta didik dan angket gaya belajar peserta didik. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan analisis kovariat (ANAKOVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL dan gaya belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik, sedangkan interaksi antara model pembelajaran DI dan gaya belajar tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa PjBl efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Kata kunci: project-based learning, gaya belajar, motivasi belajar, pembelajaran biologi.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 517 times | PDF view : 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fauzan Akbar, Arsad Bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.