Validitas Dan Praktikalitas Buku Penuntun Praktikum Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP At-Thayyibah Semurup

M Eval Setiawan(1), Emayulia Sastria(2*), Dea Ratno Monica(3), Januharmen Januharmen(4), Wilda Purnawati(5),

(1) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(2) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(3) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat102330742021

Abstract


Pengembangan buku penuntun praktikum IPA berbasis inquiri dapat digunakan untuk acuan pelaksanaan praktikum IPA di SMP At-Thayyibah Semurup.  Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan hasil validitas dan praktikalitas buku penuntun praktikum pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP At-Thayyibah Semurup. Produk yang dikembangkan di nilai oleh validator ahli media dan validator ahli materi serta dilakukan uji kepraktisan pada siswa yang berjumlah 28 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan skala likert. Produk yang dihasilkan yaitu buku penuntun praktikum materi sistem pernapasan pada manusia. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh skor sebesar 3,73 atau 93,25% dengan kategori sangat valid dan validasi ahli media diperoleh skor sebesar 3,15 atau 78,75% dengan kategori valid. Sedangkan respon pengguna siswa terhadap pengembangan buku penuntun praktikum memperoleh skor 3,4 atau sebesar 85% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, media yang telah dinyatakan valid dan praktis melalui sebuah uji, maka dapat digunakan dengan baik sebagai penuntun praktikum

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 131 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 M Eval Setiawan, Emayulia sastria, Dea Ratno Monica

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.