Efektivitas Pembelajaran Daring Zoom, Google Classroom, Whatsapp Selama Pandemik di Universitas Muhammadiyah Bulukumba

H. Halijah(1*), Azrini Khaerah(2), Andi Yurni Ulfa(3),

(1) Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Bulukumba
(2) Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Bulukumba
(3) Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Bulukumba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat102262192021

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring menggunakan aplikasi Zoom, Google Classroom dan WhatsApp pada masa pandemik COVID -19 di Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Mahasiswa kelas Biologi 18, Biologi 19, dan Biologi 20. Instrumen penelitian ini adalah peneliti menjadi key instrument. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Zoom kurang efektif dilaksanakan karena harus berada dalam jaringan yang kuat dan stabil, pemborosan kuota dan harga kuota yang mahal. Aplikasi Google Classroom efektif untuk mengumpulkan tugas, UTS dan UAS. Aplikasi WhatsApp paling efektif digunakan dalam pembelajaran daring karena mudah di akses oleh mahasiswa yang tinggal di pedesaan.

Kata kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Masa Pandemik

This study aims to determine the effectiveness of online learning using the zoom application, google class room, and whatss app during the Covid 19 pandemic at the University of Muhammadiyah Bulukumba. This type of research is a qualitative research with a descriptive approach. the source of data in this study were students of biology class 18,19,20. The instrument of this research was the researcher being the key instrument.  The data collection techniques in this study were observation, interviews and documentation. The data analysis technique used the Miles & Huberman model. The results showed that learning by using the Zoom application was less effective for collecting assignments, UTS and UAS. The Whatts App was the most effective application used in online learning because easily accessible to students living in rural areas.

 

Keyword: Effectiveness, Online Learning, Pandemic


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 203 times | PDF view : 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 H. Halijah, Azrini Khaerah, Andi Yurni Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.