Pengembangan Model Pembelajaran Teaching Factory pada Siswa Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin
(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.2685/homeec.v17i2.39035
Abstract
ABSTRAK – Program keahlian Tata Busana yang mempraktikkan sistem pendidikan teaching factory yakni mata pelajaran produktif semacam Busana Industri. Dilihat dari perencanaan serta penerapannya, model pendidikan teaching factory pada mata pelajaran ini belum berjalan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengenali efektifitas model Pendidikan teaching factory pada siswa Tata Busana selaku model pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Beringin. Tipe penelitian ini merupakan deskriptif dengan tata cara penelitian serta pengembangan (research & development). Riset ini dicoba di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Beringin. Subjek riset ini merupakan guru serta siswa kelas XI Tata Busana. Objek riset ini merupakan aktivitas teaching factory dalam mata pelajaran produktif pembuatan celemek. Riset pengembangan model pendidikan teaching factory lewat 3 sesi ialah: 1) Analisis kebutuhan, 2) Pengembangan produk, serta 3) Validasi Pakar.
Hasil studi ini menampilkan kalau model pendidikan teaching factory telah efisien digunakan pada mata pelajaran produktif semacam busana industri dengan evaluasi ahli modul 98, 6% serta pakar desain 88%. Sehabis melalui sesi validasi oleh ahli modul serta pakar desain, hingga bisa disimpulkan kalau produk model pendidikan teaching factory yang dibesarkan telah efisien digunakan selaku model pendidikan pada mata pelajaran produktif pada siswa Tata Busana Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Beringin
Kata Kunci - Model pendidikan, Teaching Factory
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 95 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit:
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Alamat redaksi : Jurusan PKK Fakultas Teknik Kampus UNM, Parangtambung Makassar 90224