PEMBELAJARAN INOVATIF

Mardawiah Kadir(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.2685/homeec.v10i1%20NOV.308

Abstract


Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang mengandung muatan pembaharuan, pembelajaran ini semakin populer ketika para pendidik menyadari bahwa dinamika masyarakat semakin hari semakin tumbuh dan berkembang, seirama tumbuh dan berkembangnya teknologi komunikasi pembelajaran. Kalau dulu sumber pembelajaran satu-satunya adalah guru, dan karena itu guru dianggap sebagai tokoh sentral dalam kelas, maka kini anggapan itu telah berubah, guru bukan lagi satu-satunya, bahkan boleh jadi dalam beberapa hal peserta didik  menjadi sumber pertama dan utama dalam kelas. Dengan demikian pemebelajaran inovatif muncul sebagai akibat seseorang merasakan adanya anomali atau krisis pada paradigma yang dianutnya dalam memecahkan masalah belajar. Oleh sebab itu, dibutuhkan paradigma baru yang diyakini mampu memecahkan masalah, beberapa diantara paradigma tersebut melahirkan beberapa teori yang mendasari pembelajaran inovatif seperti teori Kognitif bahwa belajar itu terjadi dalam organisme manusia melalui proses yang bermakna yang menghubungkan peristiwa atau butir baru pada aspek kognitif yang ada. Selanjutnya teori Humanistik atau Teori Sosial yang menyebut bahwa Proses belajar tidak hanya terjadi karena seseorang mendapatkan stimulus dari lingkungannya dan meresponnya tetapi terjadi pula karena pelaku belajar berkomunikasi dengan individu lainnya, terakhir adalah teori Gestalt yang menekankan bahwa proses belajar tidak terpisahkan tetapi merupakan totalitas dalam membentuk medan belajar.

 

Keywords : Pembelajaran, Inovatif


Article Metrics

Abstract view : 1375 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Alamat redaksi : Jurusan PKK Fakultas Teknik Kampus UNM, Parangtambung Makassar 90224

 Crossref logodimensions.png