PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENDESAIN BUSANA PADA SISWA SMK NEGERI 6 MAKASSAR

St. Aisyah(1*), Rosmiaty Rosmiaty(2), Siti Rahmah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMK Negeri 6 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.2685/homeec.v15i2.15425

Abstract


ABSTRAK - Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada Siswa SMK Negeri 6 Makassar Kelas XI yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mendesain busana melalui media berbasis komputer. Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terjadi peningkatan yang signifikan pada tingkat kreativitas siswa yang dilihat dari 1) keterampilan hasil berpikir orisinil (originality); 2) keterampilan berpikir luwes (flexibility); 3) Keterampilan hasil berpikir orisinil (originality); 4) Keterampilan hasil mengelaborasi (elaboration); Kedua, penerapan media berbasis komputer pada proses pembelajaran desain busana pada penelitian ini menunjukkan adanya partisipasi siswa pada proses pembelajaran, tugas-tugas yang dibuat dapat diselesaikan dengan tepat waktu dan hasil desain busana yang lebih bervariasi,  karena proses mendesain busana lebih mudah dan lebih menarik.

Kata kunci -  Media Komputer, Kreativitas, Desain Busana


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 273 times | PDF view : 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Alamat redaksi : Jurusan PKK Fakultas Teknik Kampus UNM, Parangtambung Makassar 90224

 Crossref logodimensions.png