THE INFLUENCE OF SPEAKING SKILLS TEACHING MATERIALS ON STUDENTS' LANGUAGE POLITENESS BASED ON THE MOTHER TONGUE
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/retorika.v16i1.46582
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Agustini, R. (2017). Bentuk Kesantunan Berbahasa Indonesia (Studi Deskriptif Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Galuh Ciamis). E-Jurnal Literasi.
Hermawan, S. (2021). Krisis Keterampilan Berbahasa Indonesia. In Staf.ulm.ac.id.
Hidayat, T., & Agustini, R. (2019). Rancangan Strategi Pendidikan Berbahasa Santun dalam Pembelajaran Berbicara. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 9(2), 61–66.
Ismiani, P., Mustika, I., & Sahmini, M. (2020). Penggunaan Bahasa Ibu dalam Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra Indonesia, 3(September), 767–774.
Katadata. (2021). Tingkat Kesopanan Netizen Indonesia Paling Buruk Se-Asia Pasifik. Databoks. katadata.co.id
Kemdikbud. (2021). Kemdikbud Soroti Kesantunan Pelajar dan Mahasiswa dalam Memanfaatkan Media Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
PISA. (2019). Most Literate Nations In The World. In OECD.org.
Qibtiyah, &; R. (2013). Hubungan Antara Penggunaan Bahasa Ibu Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di RW 10 Kelurahan Sukadamai Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Jurnal Andragogi, 31–44.
Suherdi. (2012). Rekonstruksi Pendidikan Bahasa. Bandung: CELTICS Press.
Sulastriana, E. (2015). Pengaruh Sikap Bahasa Terhadap Kesantunan Berbahasa Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 88, 71–82.
Sumaryanti. (2017). Peran Lingkungan Terhadap Bahasa Anak. Jurnal MUADDIB, 07(01), 72–89.
Tarigan. (2013). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahyuni, S. (2015). Pengaruh Bahasa Pertama Terhadap Bahasa Kedua dalam Kemampuan Berbicara untuk Siswa Kelas IX Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam-U Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Visipena, 6(2), 52–67.
Yenni, Yusriati, & Sari. (2018). Pola Pengajaran Kesantunan Berbahasa Anak Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Tarbiyah.
Article Metrics
Abstract view : 78 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sakinah Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI).
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
Email: retorika@unm.ac.id
RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra,dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View Retorika Stats