Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli, Siswa SMK Melalui Variasi Pembelajaran
(1) Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Medan
(2) University State of Medan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9072
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar Passing atas melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas XI SMK Parulian 1Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK, yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setelah data terkumpul, dzilakukan analisis pembelajaran melalui variasi pembelajaran. (1) Dari tes hasil belajar melalui variasi Pembelajaran di siklus I diperoleh 13 siswa yang tuntas (68,42%) sedangkan 6 siswa (31,58%) belum tuntas, dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar passing atas (76,27). Belum tercapai ketuntasan klasikal maka dilakukan kembali pembelajaran melalui variasi pembelajaran (2) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 17 siswa yang tuntas (89,47%) sedangkan 2 siswa (10,53%) belum tuntas, dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar passing atas sebanyak (81, 54%). Maka sudah tercapai lah nilai klasikal 85% tersebut. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan 21% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Passing atas Bola Voli Siswa Teknik Komputer Jaringan SMK Parulian 1 Medan Tahun 2018.
Kata kunci: Belajar, Passing Atas, Bolavoli
ABSTRACT
This research was conducted aimed at knowing how far the increase in learning outcomes Passing through learning variations in class XI Parulian 1Medan Vocational School 2017/2018 Academic Year. The research method used is PTK, which consists of cycle I and cycle II. After the data is collected, dzilakukan analysis of learning through variations in learning. (1) From the learning outcomes test through variations in Learning in the first cycle, 13 students were completed (68.42%) while 6 students (31.58%) were not completed, with an average passing grade of passing learning (76.27) . Classical completeness has not yet been achieved so learning through learning variations (2) from learning outcomes II in cycle II is obtained by 17 students who complete (89.47%) while 2 students (10.53%) have not yet completed, with average completeness scores top passing learning (81, 54%). Then the 85% classical value has been reached. In this case it can be seen that there is a 21% increase from cycle I to cycle II. Based on the results of data analysis, this study concluded that through learning variations can improve learning outcomes Passing on Volleyball Ball Computer Engineering Students Network Medan Parulian 1 Vocational School in 2018.
Keywords: Study, Upper Passing, Volleyball
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi Nuril. 2007. Olahraga Bola Voli. Surakarta: Era Pustaka Utama.
Ahmad Sabri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Ciputat: Quantum Teaching.
Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhajir, 2004. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Jilid1. Jakarta: Erlangga.
Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Dikti.
Syarifuddin Aip, Muhadi. 1991. Pokok-pokok Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdikbud.
Yunus, M. 1992. Bola Voli Olahraga Pilihan. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Tinggi.
Bangun, Sabaruddin Yunis. 2017. “Resiprokal Menggunakan Simpai Memperbaiki Belajar Passing Atas Bola Voli”. Journal Sport Science and Education: Volume:2, Edisi: 1: 20-24
Article Metrics
Abstract view : 1015 times | PDF view : 11 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sabaruddin Yunis Bangun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by