Penerapan Model Make a Match Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa

Erfina Yuliana(1*), Yari Dwikurnaningsih(2),

(1) Universitas Kristen Satya WAcana
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Guru PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan UKSW Salatiga
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9053

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas IV SDN Kutowinangun 11 melalui penerapan model pembelajaran Make a Match berbasis pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Stringer yang mencakup tahap look, think, dan act. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes formatif, lembar observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data berupa deskriptif komparatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kutowinangun 11. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas belajar siswa sebesar 79% pada siklus I dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Peningkataan aktivitas siswa berdampak pada ketuntasan hasil belajar tematik yang ditunjukkan pada siklus I sebesar 72%, dan meningkat menjadi 83% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, model pembelajaran Make a Match berbasis saintifik dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa.

 

Kata kunci: Make a match, Saintifik, Hasil belajar tematik

 

ABSTRACT

This study aims to improve the thematic learning outcomes of fourth grade students of SDN Kutowinangun 11 through the application of the Make a Match learning model based on the scientific approach. The type of research used is Stringer class action research which includes the look, think, and act stages. The instrument of data collection uses formative tests, observation sheets, and field notes. Data analysis techniques in the form of descriptive comparative with the research subjects were fourth grade students of SDN Kutowinangun 11. The results of the study showed an increase in the percentage of student learning activities by 79% in the first cycle and increased to 85% in the second cycle. Reinforcement of student activities has an impact on the completeness of thematic learning outcomes shown in the first cycle of 72%, and increased to 83% in cycle II. Based on the results of these studies, the Make-Match learning model based on scientific research can improve students' thematic learning outcomes.

 

Keywords: Make a match, Scientific, Thematic learning results


Full Text:

PDF

References


Aprilia, L.A., Slameto, & Radia, E.H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbasis Kurikulum 2013. Wacana Akademika, 2(1), 85-98.

Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Min, K.C., Rashid, A.M., & Nazri, M.I. (2012). Teachers' Understanding and Practice towards Thematic Approach in Teaching Integrated Living Skills (ILS) in Malaysia. International Journal of Humanities and Social Science, 2(23), 273-281.

Nahdiyatin, Siti Nur. (2016). Penerapan Metode Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas III SDN 1 Jenangan Ponorogo. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(2), 81-90.

Permendikbud No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusminawati, E.N. & Mediatati, N. (2017). Penerapan Model Make a Match dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa. Wacana Akademika, 1(2), 119-126.

Wibowo, K., & Marzuki, M. (2015). Penerapan Model Make a Match Berbantuan Media untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 158-169.

Yuliati. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3(4), 723-730.


Article Metrics

Abstract view : 345 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 erfina yuliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by