Melatih Kemandirian Anak Melalui Rutinitas Sehari-Hari

Rachel Risda Sitanggang(1*), Nuriyanti Nuriyanti(2),

(1) SMP N 2 BUKITTINGI
(2) Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah yaitu meningkatkan kemandirian melalui kebiasaan atau rutinitas sehari-hari dari siswa-siswi kelas VII.1 dan VII.2 di SMP Nomennsen Kota Jambi. penelitian ini dilakkuan dengan cara deskriptif kuantitatif dan datanya diolah dengan metode statistika. Data yang diambil adalah 40 siswa dan dikumpulkan dengan angket atau kusioner. Hasil menunjukkan bahwa meningkatkan kemandirian melalui rutinitas atau kebiasaan sehari-hari merupakan cara praktis yang dapat dilakukan guru dan orang tua kepada anaknya, karena itu dapat membentuk kepribadian dan kemampuan anak menjadi lebih baik dan cepat. Kepribadian dan kemampuan anak yang baik akan berpengaruh terhadap mutu dan kualitas lulusan pendidikan di Indonesia, dimana kualitas yang baik adalah modal penting untuk dapat bersaing dengan lulusan dari negara lain.

 

Kata kunci: Kemandirian, Rutinitas, Kemandirian Anak

 

ABSTRACT

This article is a research that aims to solve the problem of increasing independence through daily habits or routines of students of class VII.1 and VII.2 in NOMENNSEN Middle School, Jambi City. this study was conducted in a quantitative descriptive way and the data was processed by statistical methods. The data taken was 40 students and collected by questionnaire or questionnaire. The results show that increasing independence through routine or daily habits is a practical way that teachers and parents can do to their children, because it can shape the personality and ability of children to be better and faster. Good children's personality and abilities will influence the quality and quality of education graduates in Indonesia, where good quality is an important capital to be able to compete with graduates from other countries.

 

Keywords: Independence, Routines, Independence of Children 


Keywords


Kemandirian, Rutinitas, Kemandirian Anak

Full Text:

PDF

References


Aini , Pratistya Nor & Taman, Abdullah. 2012. Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas xi ips sma negeri 1 sewon bantul tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. No. 1, Vol. X.

Arikunto, S., 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Rineka Cipta.

Desmita, 2010, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Nakita, 2005, Menjadikan Anak Mandiri, Nakita, Apri, Hal 13-19.

Pratiwi , Tika Resti & Muslim. 201., Pembelajaran Ipa Tipe Integrated Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia ,2355-3812.

Purbasari, Kamelia Dewi & Nawangsari, Nur Ainy Fardana. 2016. Perbedaan Kemandirian pada Remaja yang Berstatus Sebagai Anak Tunggal Ditinjau dari Persepsi Pola Asuh Orangtua. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan .No. 1, Vol 5 .

Sa’diyah, Rika., 2017, Pentingnya Melatih Kemandirian Anak, No. 1, Vol. XVI.

Sugiyono., 2009, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Sugiyono., 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono., 2014, Metode Penelitian Kualitatif, kuantitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9015

Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Rachel Risda Sitanggang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.