Mengidentifikasi Karakter “Menghargai Prestasi” Peserta Didik Kelas VIII SMP N 5 Muaro Jambi

Wenny Sutomo(1*), Vetty Milyani(2),

(1) SMP N 8 Batanghari
(2) SMP N 8 Batanghari
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan karakter peserta didik, terutama karakter menghargai prestasi peserta didik kelas VIII SMP N 5 Muaro Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian survei dengan instrumen penelitian berupa angket. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII E SMP N 5 Muaro Jambi, dengan jumlah total responden sebanyak 45 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan bahwa angket karakter menghargai prestasi peserta didik digolongkan dalam kategori “sangat baik”. Pada kelas VIII A, terdapat 16,7 % pernyataan yang dijawab dengan baik oleh peserta didik, dan terdapat 83,3 % pernyataan yang dijawab dengan sangat baik oleh peserta didik. Sedangkan pada kelas VIII E, terdapat 25,9 % pernyataan yang dijawab dengan baik oleh peserta didik, dan terdapat 74,1 % pernyataan yang dijawab dengan sangat baik oleh peserta didik. Berdasarkan hasil angket tersebut, dapat disimpulkan bahwa peserta didik SMP N 5 Muaro Jambi, khususnya kelas VIII A dan VIII E, telah memiliki sikap yang sangat baik dalam menghargai prestasi.

 

Kata Kunci: Karakter, Menghargai Prestasi, Peserta Didik, Pendidikan

 

ABSTRACT

This study aims to identify the character of students, especially the character of respecting the achievements of class VIII students of SMP N 5 Muaro Jambi. The approach used in this study is a quantitative approach. While the type of research used is the type of survey research with research instruments in the form of questionnaires. The subjects of this study were students of class VIII A and VIII E SMP N 5 Muaro Jambi, with a total number of respondents as many as 45 respondents. The data analysis technique used is descriptive statistical. The results of the study indicate that character questionnaires value achievement classified in the category of "very good". In class VIII A, there were 16.7% statements that were answered well by students, and there were 83.3% statements that were answered very well by students. Whereas in class VIII E, there were 25.9% of statements answered well by students, and there were 74.1% statements that were answered very well by students. Based on the results of the questionnaire, it can be concluded that the students of SMP N 5 Muaro Jambi, especially classes VIII A and VIII E, have had a very good attitude in respecting achievement.

 

Keywords: Character, Respect for Achievement, Students, Education


Keywords


Karakter; Menghargai Prestasi; Peserta Didik; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Amir, Rudi. (2017). Membangun Karakter dalam Perayaan Budaya Lokal di Kabupaten Takalar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 7(3), 127-133.

Amrah. (2013). Perkembangan Moral Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 3(1), 20-25.

Anisabellah. (2017). Pengaruh Sikap Sosial Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Astalini., Kurniawan, Dwi Agus., dan Sumaryanti. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(2), 59-64.

Desstya, Anatri., dkk. (2017). Refleksi Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 1-11.

Dewi, Trie Utari dan Handayani, Sri Lestari. (2019). Penanaman Nilai Karakter Melalui Permainan Outdoor bagi Anak-Anak Usia Dini di Wilayah RW 01 Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1), 1-6.

Fauzi, Achmad Ryan., Zainuddin., dan Atok, Rosyid Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalaui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 27-36.

Febrianshari, Deddy., dkk. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 6(1), 88-95.

Hasnah. (2012). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(2), 130-138.

Hermawan, Asep dan Yusran, Husna Leila. (2017). Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Depok: Kencana.

Jusita, Martina Lona. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter dalam Aktivitas Belajar Menggunakan Media Pembelajaran “Pecango”. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 22-26.

Kadir, Abdul. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kardiyem. (2013). Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Akuntansi (Inspirasi) Diary (Solusi Konservasi Moral). Jurnal Dinamika Akuntansi, 5(1), 47-54.

Khoiri, Qolbi. (2018). Dimensions of Islamic Education in the Prevention Bullying; Assessing in an Effort of Character Building for Children in School. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(2), 101-108.

Kurniawan, Dwi Agus., Astalini., dan Anggraini, Lika. (2018). Evaluasi Sikap Siswa SMP Terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 124-139.

Kurniawati, Rizki dan Irsyadillah. (2018). Analisis Nilai Karakter dalam Teks Cerita Buku Pelajaran Siswa Sekolah Dasar. Master Bahasa, 6(2), 103-114.

Muhidin, Aeng. (2017). Statistika Pendidikan: Pendekatan Berbasis Kinerja. Tangerang: UNPAM Press.

Mumpuniarti. (2012). Pembelajaran Nilai Keberagaman dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(3), 248-257.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Setiawati, Nanda Ayu. (2017). Pendidikan Karakter sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(1), 348-352.

Supranoto, Heri. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36-49.




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9000

Article Metrics

Abstract view : 62 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Vetty Milyani, Wenny Sutomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.