PKU Bagi MI Muhamamdiyah Rambeanak 2 Kabupaten Magelang, Melalui Alat Peraga Edukatif (APE)
(1) Universitas Muhammadiyah Magelang
(2) Universitas Muhammadiyah Magelang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.8616
Abstract
Madrasah Ibtidaiyah Muhamadiyah (MIM) 2 Rambeanak memiliki siswa sebanyak 127 orang, guru sebanyak 8 orang, dan didirikan sejak tahun 1947, meski sudah setengah abad didirikan, namun sampai saat ini masih mengalami sejumlah kendala, di antaranya adalah 1) kondisi obyektif dari guru dan sumber daya manusia dan sumber daya media pembelajaran berupa Alat Peraga Edukatif (APE) sehingga berdampak pada keterbatasan dalam mendukung proses pembelajaran berkualitas; 2) minimnya dukungan stakeholders madrasah dalam pengembangan madrasah baik secara moril maupun materiil. Sehubungan dengan hal tersebut, maka akan dilakukan kegiatan Program Kemitraan Universitas (PKU) yang bertujuan untuk peningkatan mutu madrasah menuju madrasah dengan proses pendidikan yang berkualitas melalui pendampingan pembuatan APE bagi guru. Metode yang digunakan pemberdayaan masyarakat partisipatif Participatory Rural Apraisal (PRA). Adapun kesimpulan yang dapat diberikan dalam pelaksanaan PKU di MIM 2 Rambeanak sebagai berikut : 1) Setelah dilakukan pendekatan melalui sosialisasi tentang pentingnya APE, maka guru bisa membuat dan berdampak pada gaya guru mengajar yang menarik dan hasil belajar siswa menjadi baik, 2) Setelah guru melakukan diseminasi hasil pembuatan APE, maka guru menjadi lebih kreatif dengan memanfaatkan bahan yang ekonomis dan tertarik untuk membuat lebih banyak lagi APE dengan ide yang brilian berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan selama kegiatan PKU berlangsung.
Madrasah Ibtidaiyah Muhamadiyah (MIM) 2 Rambeanak has 127 students, 8 teachers, and was founded in 1947, although it has been established for half a century, but to date there are still a number of obstacles, including 1) the objective conditions of the teacher and human resources and instructional media resources in the form of Educational Teaching Aids (APE) so that the impact on limitations in supporting the quality learning process; 2) the lack of support from madrasa stakeholders in madrasa development both morally and materially. In connection with this, the University Partnership Program (PKU) activity will be carried out which aims to improve the quality of madrasas towards madrasas with a quality education process through mentoring making APE for teachers. The method used is Participatory Rural Appraisal (PRA) participatory community empowerment. The conclusions that can be given in the implementation of PKU in MIM 2 Rambeanak are as follows: 1) After an approach through socialization about the importance of APE, the teacher can make and have an impact on the teacher's teaching style that is interesting and student learning outcomes become good, 2) After the teacher does the dissemination of the results of making APE, the teacher becomes more creative by utilizing economical materials and is interested in making more APE with brilliant ideas based on experience that has been done during PKU activities.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandy, A. (2014). Modul Participatory Action Research (PAR), Untuk Pengorganisasian Masyarakat (Community Organizing. Surabaya: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UIN Sunan Ampel.
Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. 11, 1–15.
Istiani, A., & Arnidha, Y. (2018). Pendampingan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Dakota Pada Pembelajaran FPB dan KPK. Publikasi Pendidikan, 8(1), 66. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4754
Oktradiksa, A., Sari, K. P., & Nugroho, I. (2018). PKM Bagi Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Di Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. Publikasi Pendidikan, 8(3), 193. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.6424
Oktradiksa, A., Sari, K. P., & Shalikhah, N. D. (2017). PKU Bagi MI Muhammadiyah Madukoro dan Wonogiri Kabupaten Magelang Melalui Implementasi Standar Nasional Pendidikan Dasar Dalam Pengembangan Mutu Madrasah. 53–58.
Soetjiningsih. (2002). Tumbuh Kembang Anak. Cetakan II. Jakarta: EGC.
Suyadi. (2009). Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Power Books (IHDINA).
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.
Taneo, P. N. L., Daniel, F., & Bien, Y. I. (2018). Pendampingan Pembuatan dan Penerapan Alat Peraga Matematika bagi Guru SD Gugus II Kecamatan Amanuban Barat. Publikasi Pendidikan, 8(3), 229. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.6805
Tedjasaputra, M. S. (2007). Bermain, Mainan dan Permainan. Cetakan IV. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Article Metrics
Abstract view : 309 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ahwy - Oktradiksa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by