Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Di Kabupaten Gowa

Bahar Bahar(1*), Risnawati Risnawati(2),

(1) Pendidikan Matematika FKIP UNSA
(2) Pendidikan Matematika FKIP UNSA
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menelaah Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Inpres Taeng-Taeng Kabupaten Gowa. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa?. (2) apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa. (2) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa.  Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif Jenis penelitian yang dilakukan adalah True-Experimental Design adalah sampel yang digunakan untuk eksperimen maupun kelompok kontrol diambil secara random dari populasi tertentu. Desain penelitian yang digunakan dalam penlitian ini adalah Desain Matching Pretest-Posttest Control Group Design. penelitian sampel acak (Therandomized pretest-posttest control grouf design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa yang berjumlah 836 Sekolah Dasar. Adapun yang menjadi sampel adalah siswa kelas III SD Inpres Taeng-Taeng Kabupaten Gowa sebanyak 58 orang yaitu 28 sebagai kelas eksperimen dan 28 sebagai kelas konrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan media Puzzle pada mata pelajaran matematika di Taeng-Taeng Kabupaten Gowa memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang meningkat sehingga memberikan pengaruh yang signifikan.

Keywords


Media puzzel; hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abdul., 2007. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM

Alfiatun N, dkk. 2013. “Efektivitas Kombinasi Kooperatif Time Token dengan Picture Puzzle Materi Sistem Peredaran Darah”. Unnes Journal of Biology Education, (Online), Vol. 02, No. 02, (http://journal.unnes.ac.id, diunduh 02 Juni 2017).

Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ayu, Shinta., 2014. Segudang Game Edukatif Mengajar. Yogyakarta: Diva Press

Hamzah, Ali & Muhlisrarini., 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Heruman., 2007. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hiedayat, S. W. dan Sulistyowati. 2010. Pengembangan Komputer Pembelajaran (CAI) tentang Gerak Lurus Berubah Beraturan pada Mata Pelajaran Fisika bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya 10 (1): 86-99.

Kristanto, A. 2010. Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Multimedia Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Sistem Tata Surya bagi Siswa Kelas 2 Semester I di SMAN 22 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya 10 (2): 12-25.

Latif, Mukhtar. Dkk., 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Telanaipura: Kencana

Prima, Aurelia., 2016. Aneka Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak. Yogyakarta: Diva Press

Riyanto, Yatim., 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Kencana

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Bandung: Rajawali Pers

Sadiman. Arif. 2012. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Siatan, Diah., 2014. Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Puzzle dengan Materi Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD. Skripsi. Jakarta: Program Sarjana UIN Syarif Hidayatullah

Sugiyono., 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus., 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Pakem. Surabaya: Pustaka Pelajar

Suryabrata, Sumadi., 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: RajaGrafindo Persada

Susanto, Ahmad., 2014. Teori Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana

Tilong, Adi D., 2016. 49 Aktivitas Pendokrak

Kinerja Otak Kanan & Kiri Anak. Yogyakarta: Laksana




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.8446

Article Metrics

Abstract view : 274 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Bahar Bahar, Risnawati Risnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.