Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar melalui Psikoedukasi Kecerdasan Interpersonal
(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i2.63644
Abstract
Kepercayaan diri merupakan rasa yakin terhadap kemampuan yang ada pada diri sendiri. Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia, terutama bagi anak-anak. Dengan adanya rasa percaya dan yakin terhadap diri sendiri dapat menjadikan anak lebih mudah dalam meraih keberhasilan. Namun, fakta yang ditemukan, banyak dari anak-anak tidak sepenuhnya memiliki rasa percaya dan yakin pada kemampuan diri mereka. Sehingga perlu dilakukan psikoedukasi terkait cara untuk meningkatkan rasa percaya diri melalui kecerdasan interpersonal agar anak mampu mengembangkan potensi-potensi yang ada pada diri mereka. Sasaran pada kegiatan psikoedukasi ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD Negeri Anggaswangi I yang berjumlah 34 siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one group pretest posttest. Data yang diperoleh dari Pretest dan Posttest selanjutnya dianalisis menggunakan uji T paired sample t-test dan diperoleh hasil 0.816 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara Pretest dan Posttest.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfy, Z. R., A’ini, Z. F., & Baihaqie, A. D. (2023). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 42 Jakarta Timur. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 3(2), 88. Universitas Indraprasta PGRI.
Alpian, Y., Wulan Anggraeni, S., Priatin, S., & Buana Perjuangan Karawang, U. (2020). Konsep Diri dengan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3.
Alvin Hananto, B., & Melini, E. (2023). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan Desain Karakter dengan Quasi-Experiment One Group Pretest-Posttest Measuring the Level of Understanding of Character Design Training with Quasi-Experiment One Group Pretest-Posttest. Jurnal Titik Imaji, 6(2), 91–97. Retrieved from http://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/
Antara, H., Diri, P., Diri, K., Sosial, I., Remaja, P., Cacat, P., Di, F., et al. (2017). Hubungan Antara Penerimaan Diri Dengan Kepercayaan Diri Dalam Interaksi Sosial Pada Remaja Penyandang Cacat Fisik di Panti Asuhan Bhakti Luhur Kecamatan Sukun Malang. Nursing News (Vol. 2).
Azmi, I. U., Nafi’ah, N., Thamrin, M., & Akhwani, A. (2021). Studi Komparasi Kepercayaan Diri (Self Confidance) Siswa yang Mengalami Verbal Bullying dan Yang Tidak Mengalami Verbal Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3551–3558. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1389
Bolu Eoh, V. (2023). Analisis korelasi antara Kepercayaan Diri dengan Komunikasi Interpersonal pada Siswa SMA.
Dana, T. S., Eva, N., & Andayani, S. (2022). Kepercayaan Diri dan Kesejahteraan Psikologis Anggota Organisasi Mahasiswa. Jurnal Psikologi Perseptual, 7.
Fajri, Z. (2019). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa SD/MI. Jurnal IKA, 7(2).
Ginting, N. A., Harun, H., & Nurmaniah, N. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4297–4308. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Handini, R. (2013). Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kembaran Kulon I.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. Universitas Gadjah Mada.
Lutfia Saida. (2013). Hubungan Konsep Diri dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 2 Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun 2012.
Murni, F., Marjo, H. K., & Wahyuningrum, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Menipulatif Pada Pembelajaran Matematika dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6, 439–459.
Nailatul Faizah, N. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Dalam Metode Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Angkatan 2020 Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Nanda, W., Saputra, E., & Prasetiawan, H. (2017). Teknik Cognitive Defusion: Penerapan Intervensi Konseling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Yogyakarta.
Nisa, U., & Setianingsih, R. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 3(2). Retrieved from http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/
Norvia, L. (2022). Penerapan Pendekatan Learning By Doing Dalam Meningkatkan Rasa Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Tangkiling. Palangka Raya.
Ole, A. A., & Dipan, G. (2023). Hubungan kondisi lingkungan belajar di sekolah dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 02(01), 71–78.
Pangestu, C., Sujati, H., Pendidikan, H., & Dasar, S. (2020). Pengaruh self efficacy dan pengasuhan orang tua terhadap kepercayaan diri siswa (Vol. 11). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/foundasia/index
Pratiwi, S. (2018). Pengaruh Prestasi Belajar Terhadap Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mlati. Yogyakarta.
Qowiyah, S. H. (2020). Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B. Cakrawala Dini (Vol. 11).
Rahmawati, R., Yarmi, G., Ardiasih, L. S., Dasar, P., Terbuka, U., & Jakarta, U. N. (2021). Strategi Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Melalui Peningkatan Kecerdasan Interpersonal dan Kepercayaan Diri. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 6(1).
Rahmina, W., & Teiri Nurtiani dan Lina Amelia Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, A. (2020). Analisis Kegiatan-Kegiatan Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok A di TK Cut Meutia Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan (Vol. 1).
Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index
Sri Indah Yulia Dewi, P., & Kurniati, N. (2021). Pengaruh kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Juni 2021 Journal of Mathematics Education and Application, 1, 122. Retrieved from https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya
Article Metrics
Abstract view : 12 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yossy Agatha, Hazim Hazim
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by