Pendampingan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Manajemen Evaluasi Program Pembelajaran di Kerinci

Zawaqi Afdal Jamil(1*), Nazari Nazari Nazari(2),

(1) Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
(2) Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i2.59984

Abstract


Kegiatan pengabdian pendampingan guru PAUD ini didorong oleh pesatnya pertambahan jumlah satuan PAUD di Kabupaten Kerinci. Kondisi ini memunculkan problematika baru bagi guru PAUD yaitu dominasi guru honorer berkualifikasi pendidikan yang tidak linier dengan bidang keahliannya. Permasalahan ini berakibat pada rendahnya pengalaman mengajar yang terindikasi pada kurang mampu menentukan metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka kami melaksanakan pengabdian masyarakat dengan pola pendampingan. Metode pendampingan dilakukan dengan langkah-langkah: koordinasi dengan pengurus gugus, FGD , orientasi, workshop , unjuk kerja, verifikasi, dan kunjungan ke sekolah. Hasil kegiatan pengabdian pendampingan guru PAUD ini berdampak positif meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru. Kegiatan kunjungan kami ke sekolah juga berdampak positif pada penguatan persepsi dan komitmen para guru untuk melakukan perubahan dalam institusi. Hasil kegiatan ini menyarankan kepada Perguruan Tinggi (akademisi) agar intens melaksanakan kegiatan pengabdian kepada sekolah dengan mencermati isu-isu yang berhubungan dengan pihak sekolah. Selanjutnya disarankan kepada pihak sekolah agar aktif dan terbuka membangun hubungan dengan Perguruan Tinggi untuk mendapatkan peluang dan peningkatan fasilitas kompetensi melalui kontribusi akademis secara simultan.

Keywords


pendampingan guru, manajemen, evaluasi program pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Afiyanti, Y. (2008). Focus group discussion (diskusi kelompok terfokus) sebagai metode pengumpulan data penelitian kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62. https://doi.org//10.7454/jki.v12i1.201

Anugraheni, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205–212. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p205-212

Atikah, C., Rusdiyani, I., & Nurmahdiah, N. (2023). Pelatihan Bagi Guru PAUD Tentang Administrasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 196–203. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i1.210

Hasibuan, R. H., Awaliyah, R., & Nurhasanah, N. (2023). Pendampingan Komunitas Guru PAUD dalam Merancang Capaian Pembelajaran Berbasis Muatan Literasi dan STEAM. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 80–90. https://doi.org/10.53621/jippmas.v3i2.270

I’tishom, M. F., Martini, S., & Novandari, W. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko dan Persepsi Harga terhadap Sikap serta Keputusan Konsumen untuk Menggunakan Go-Pay. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22(4), 514–532. https://doi.org/10.32424/jeba.v22i4.1793

Khairani, E., Giatman, M., & others. (2021). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Komitmen Guru. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 52–60. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.5026

Nurdiansyah, E., Chotimah, U., Faisal, E., & others. (2023). Pendampingan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bagi Guru PPKn SMA di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v5i1.2161

Putro, P. U. W. (2018). Etika Kerja Islam, Komitmen Organisasi, Sikap pada Perubahan Organisasi terhadap Kinerja. Jurnal Manajemen Indonesia, 18(2), 116–125. https://doi.org/10.25124/jmi.v18i2.1205

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 92–102. https://doi.org/https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/481/274

Rusdianto, R., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2023). Pendampingan Desain Peraga dan Perangkat Pembelajaran Inovatif bagi Guru di Gugus Sekolah Dasar Srono, Banyuwangi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 651–657. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2561

Soekiman, J. F. X. S. (2007). Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi Eksternal dan Internal melalui Komitmen Karyawan terhadap Keberhasilan Perusahaan Perbankan di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2), 89–98. https://doi.org/10.9744/jmk.9.2.pp.%2089-98

Solechan, S., Afif, Z. N., Sunardi, S., & Masrufa, B. (2023). Pelatihan dan pendampingan tentang strategi Kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi Guru bidang profesional Di SMA Primaganda Jombang. An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.54437/annafah.v1i2.1269

Syamsuddin, A., Ruslan, & Latunra, A. I. (2023). Penilaian Unjuk Kerja. Institut Penelitian dan Konsultasi Global.

Syarifuddin, S., & Adiansha, A. A. (2023). Pendampingan Guru melalui Pendampingan Individu dan Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bima dalam rangka Pengembangan dan Pengimbasan Budaya Positif Pembelajaran. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 79–91. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.280


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Zawaqi Afdal Jamil, Nazari Nazari Nazari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by