Pendampingan Persiapan Kegiatan Olimpiade SAINS Biologi pada Siswa SMP Negeri 19 Ambon

Juen Carla Warella(1*), Veren Wendy Warella(2), Novy Gaspersz(3),

(1) Universitas Pattimura
(2) SMP Laboratorium Universitas Pattimura
(3) SMP Negeri 19 Ambon
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i1.59416

Abstract


Sistem pendidikan pada era Revolusi 4.0 menekankan pada pembelajaran kolaboratif, inklusif, dan berbasis kompetensi, memfasilitasi ruang belajar yang terbuka, fleksibel dan adaptif, dan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, kreatif, berinovasi dan mampu berpikir kritis. Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mempersiapkan siswa agar memiliki kreativitas dan kemampuan tinggi untuk mengikuti Olimpiade Sains MIPA Unpatti dengan memberikan pendampingan tambahan sehingga siswa dapat memahami materi biologi dengan lebih baik. Metode pelaksanaan dilakukan dengan menentukan mitra, melakukan koordinasi dengan kepala sekolah dan guru mata pelajaran, melakukan pendampingan dan evaluasi. Hasil yang didapatkan adalah kegiatan pendampingan Olimpiade Sains bagi siswa SMP Negeri 19 Ambon berupa penyampaian materi biologi yang dipelajari di tingkat SMP kelas VII, VIII dan IX. Selain itu hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal latihan setelah pemaparan materi sebesar 47%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan ini berjalan dengan baik dan siswa SMP Ngeri 19 Ambon mampu lolos ke tahap final Olimpiade Sains FMIPA Unpatti


Keywords


pendampingan; olimpiade; biologi; SMP

Full Text:

PDF

References


Ahmadiyanto, A. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980–993.

Harackiewicz, J. M., Smith, J. L., & Priniski, S. J. (2016). Interest Matters: The Importance of Promoting Interest in Education. Physiology & behavior, 176(1), 139–148.

Ismail, N. A., Wahid, N. A., Yusoff, A. S. M., Wahab, N. A., Rahim, B. H. A., Majid, N. A., Din, N. M. N., et al. (2020). The Challenges of Industrial Revolution (IR) 4.0 towards the Teacher’s Self-Efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1529(4).

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28–43.

Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 Di Era Ggenerasi Z: Tantangan Dan Solusinya. Pros.Semnas KPK, 2, 13.

Nagy, J., Oláh, J., Erdei, E., Máté, D., & Popp, J. (2018). The role and impact of industry 4.0 and the internet of things on the business strategy of the value chain-the case of hungary. Sustainability (Switzerland), 10(10).

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60.

Pusposari, L. F. (2019). The Analysis On Factors Influencing the Learning Outcome on Microeconomics Using Confirmatory Factor Analysis Model. Abjadia, 4(2), 68.

Putri, C. O., & Rosdiana, L. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Smp Dengan Model Guided Inquiry Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan. Pensa, 06(02), 54–57.

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407

Ramli, N., Muljono, P., & Afendi, F. M. (2018). External Factors, Internal Factors and Self-Directed Learning Readiness. Journal of Education and e-Learning Research, 5(1), 37–42.

Sartika, D. (2020). Decentralization and regional autonomy in the industrial revolution 4.0 era. PROCEEDING MICEB (Mulawarman International Conference On Economics and Business), 83–95. Retrieved from http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/MICEBProceeding/article/view/7097

Yang, F., & Gu, S. (2021). Industry 4.0, a revolution that requires technology and national strategies. Complex and Intelligent Systems, 7(3), 1311–1325. Springer International Publishing. Retrieved from https://doi.org/10.1007/s40747-020-00267-9

Yulyanah, Y., & Khotimah, H. (2021). Analysis Of Internal And External Factors Affecting Students Learning Output Case Study D3 Accounting, Pamulang University, 2019/2020 Academic Year. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 9(2), 158–165.


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 0 times

Refbacks





Copyright (c) 2024 Juen Carla Warella, Veren Wendy Warella, Novy Gaspersz

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by