Pola Asuh Orang Tua Sebagai Sarana Pendampingan Belajar Anak SD di Rumah

Ivan Stevanus(1*), Yohana Claudia Dhian Ariani Harbelubun(2),

(1) UNIKA ATMAJAYA JAKARTA
(2) UNIKA ATMAJAYA JAKARTA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i1.59283

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan  bagaimana  pola  asuh  orang  tua  sebagai sarana pendampingan belajar anak SD di rumah. Teknik pengumpulan  data  diperoleh  melalui angket.  Subjek  dari  penelitian  ini adalah  orang  tua  siswa  kelas SD  Desa Putra  yang  berjumlah 44 orang  tua siswa.  Berdasarkan  hasil angket  orang  tua  siswa tentang  pola  asuh  orang  tua  yang  diterapkan  terhadap  pendampingan belajar anak di rumah  yaitu sebagian besar menerapkan pola asuh demokratis (54%). Hal  ini    menunjukkan  bahwa  pola  asuh orang tua dalam pendampingan belajar dari rumah sangat penting

Keywords


Pola Asuh Orang Tua, Pendampingan Belajar Anak

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo

Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran Orang Tua sebagai Fasilitator Anak dalam Proses Pembelajaran Online di Rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122

Azizah, N & Busyra, S. (2021). Strategi Orang Tua dalam Perkembangan Aspek Sosial-Emosi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, Vol. 2, No. 2, Desember 2021

Djamarah & Bahri, S. (2014). Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi dalam

Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Erzad, A.M. (2018). Peran Orang tua dalam Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan Keluarga. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5 (2)

Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104-110

Filisyamala, J & Hariyono & Ramli, M. (2016). Bentuk Pola Asuh Demokratis dalam Kedisiplinan Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Vol.1, No.4, April 2016

Murniarti, E. (2020), Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol 13 No 3

Muslima. (2015). Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Finansial Anak. Internasional Journal of Child and Gender Studies Vol. 1, No. 1, Maret 2015

Pohan, S, A & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898

Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124-140. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12

Septiani,F, D & Fatuhurrahman, I & Pratiwi, I, A. (2021). Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA Volume 7, No. 3, 2021, pp. 1104-1111 DOI: 10.31949/educatio.v7i3.1346

Sudarman, S., Daulas M, R., & Muryanti, M. (2018). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kemampuan Mean Length Of Utterance (MLU) Pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Keterapian Fisik, 3(1), 35-45

Syamaun, N. (2012). Dampak Pola Asuh Orang Tua dan Guru terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. PT Elex Media Komputindo. Jakarta

Valeza, Alsi, R. (2017). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung

Wiryopranoto, S & Herlina, N & Marihandono & Tangkilisan, Y, B. (2017). Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan Perjuangannya. Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Ivan Stevanus, Yohana Claudia Dhian Ariani Harbelubun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by