Peran Guru Dalam Pemilihan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Yang Menarik Perhatian Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Yogyakarta

Lovandri Dwanda Putra(1*), Julia Sindy Dewi(2), Meirissa Amanda(3), Rizky Aulia Rahman(4), Shadeena Pasya Sefbriella Marry Angelie(5), Rizki Rahmawati(6),

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(3) Universitas Ahmad Dahlan
(4) Universitas Ahmad Dahlan
(5) Universitas Ahmad Dahlan
(6) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i1.59106

Abstract


Artikel ini mengulas tentang penggunaan media pembelajar tingkat Sekolah Dasar di Yogyakarta. Penelitian ini dilatar belakangi oleh data observasi tentang penggunaan media pembelajaran di SD. Untuk hal itu kami melakukan observasi di beberapa sekolah dasar di Yogyakarta yang bertujuan untuk mendapatkan data tentang penggunaan media pembelajaran pada tingkat sekolah dasar. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini antara lain: (1) Mengetahui pelaksanaan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada tingkat sekolah dasar, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa karena adanya media pembelajaran, (3) mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru maupun dalam penggunaan media pembelajaran. Metode penelitian yang kami gunakan adalah studi kasus. Penelitian ini melibatkan studi terperinci dari guru dan beberapa siswa. Penelitian ini dilengkapi dengan beberapa pertanyaan yang kami tanyakan kepada guru yang bersangkutan. Penelitian ini dilakukan di 3 sekolah dasar di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap ranah karena ada penggunaan media. Dengan adanya media pembelajaran, siswa mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Media Pembelajaran; Pemanfaatan; Model

Full Text:

PDF

References


Herliana, S. (2020). Dampak Media Pembelajaran Terhadap Nilai Belajar Peserta Didik Kelas 6 Di Sd Negeri Ledok 06 Salatiga. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 153–158. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i1.266

Hidayat, R. (2018). Game-Based Learning: Academic Games sebagai Metode Penunjang Pembelajaran Kewirausahaan. Buletin Psikologi, 26(2), 71. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.30988

Martini. (2019). 2 3 123. Artikel Ilmiah Nurul, 3(2), 40–46.

Octaviyani, S., & Dwanda Putra, L. (2021). Efektivitas pemanfaatan media miniatur untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi IPA SD MUBATA. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 172–186. http://journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas10.12928/fundadikdas.v4i1.xxxx

Putra, L. D., Maghfiroh, P., Pramesti, N. B. A., & Aprilia, D. A. (2023). Analisis Penggunaan Media Video terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SD Kelas V SD Muhammadiyah Karangwaru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1547–1553. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1513

Putra, L. D., & Pratama, S. Z. A. (2023). Pemanfatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika., 4(8), 323–329.

Putri, R. Y., Sudarti, S., & Prihandono, T. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Rangkaian Seri Paralel Menggunakan Metode Praktikum. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 497–502. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3145

Rahma, F. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99.

Untari, E. (2017). Problematika dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 259–270.


Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Lovandri Dwanda Putra, Julia Sindy Dewi, Meirissa Amanda, Rizky Aulia Rahman, Shadeena Pasya Sefbriella Marry Angelie, Rizki Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by