Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Canva Bagi Siswa SD

Banun Havifah Cahyo Khosiyono(1*), Abdul Rahim(2), Jamiu Temitipe Sulaimon(3),

(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(3) University of Ilorin
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i2.59052

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris siswa SD. Kegiatan PkM dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Dasar dan PGSD bekerja sama dengan siswa SD 1 Sribitan  pada hari Kamis, 2 Februari s.d. 9 Februari 2023. Kegiatan dilaksanakan secara luring di SD 1 Sribitan, Bangun Jiwo, Kasihan. Adapun peserta kegiatan yaitu siswa SD 1 Sribitan, Bangun Jiwo, Kasihan. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan pemaparan materi oleh masing-masing 2 narasumber, dilanjutkan sesi pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa SD menggunakan Canva oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Dasar, PGSD, dan PBI, kemudian diskusi dan tanya jawab, dan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab pembelajaran bahasa Inggris. Hasil dari kegiatan ini yaitu kegiatan berjalan lancar, cukup banyak manfaat yang diperoleh para peserta, diantaranya mendapatkan tambahan pengetahuan terkait pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa SD. 

Community Service Activities (PkM) are carried out with the aim of increasing the English competence of elementary school students. PkM activities were carried out by the Primary Education Study Program and elementary school teacher education collaboration with SD 1 Sribitan students from Thursday, 2 February to 9 February 2023. The activity was carried out offline at SD 1 Sribitan, Bangun Jiwo, Kasihan. The activity participants were SD 1 Sribitan students, Bangun Jiwo, Kasihan. The implementation of the activity began with the presentation of material by each of the 2 speakers, followed by an English learning session for elementary students using Canva by students of the Primary Education Study Program, elementary school teacher education, and  English education then discussion and question and answer, and continued with a question and answer discussion on learning English. The result of this activity was that the activity ran smoothly, and the participants gained quite a lot of benefits, including getting additional knowledge related to learning English for elementary students.


Keywords


English; canva; learning; elementary students

Full Text:

PDF

References


Iryanti, S.S. & Rahmanto, M.A. (2022). Pelatihan penggunaan aplikasi bandicam dan quizziz dalam pembelajaran bagi guru-guru SDN Menteng Atas 14. Jurnal Publikasi Pendidikan, 12(1), 16-21.

Khosiyono, B. H. C. (2022). Teachers’ experiences of online learning at Indonesian elementary school during the covid-19 pandemic. International Journal of Elementary Education, 6(1), 127- 133. 40-42

Khosiyono, B. H. C, Saryanto, Maylamirsyah, M.R. (2023). Pendampingan pembelajaran bahasa Inggris menggunakan canva bagi siswa SMP. Jurnal Media Abdimas, 2(1),

Mawardi, K., Dewi, E. S., Asmah, S., Pratiwi, T. N., Sari, U. I., Putra, F. G., & Widayanti, W. (2019). Developing Islamic-Nuanced Linear Algebra Module with Guided-Inquiry approach in the Matrix Material. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012080

Resmini, S., dkk. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343. DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v4i 2p%25p.6859

Nalendra, A., Fuad, M. N., Mujiono, M., Wahyudi, D., & Puspa, E. H. C. (2021). Pelatihan Daring Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom. Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 68-75. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.15

Sirodj, dkk. (2021). Pendampingan Pembuatan media pembelajaran menggunakan aplikasi canva guru sekolah dasar di Makarti jaya kabupaten Banyuasin. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(2), 72-80.

Supriani, N., Aguilar, M. G. W., Khosiyono, B. H. C., Mundilarno, M., Agus, W. T. S., & Sulaimon, J. T. (2022). Designing a guide book of the English vocabulary and grammar list for junior high school students. Journal of English Language and Pedagogy, 5(2).

Uktolseja, N. F., & Khosiyono, B. H. C. (2021). Implementasi pendidikan life skill untuk siswa di sekolah dasar. Prosiding SENSASEDA, 1, 131-135


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Banun Havifah Cahyo Khosiyono, Abdul Rahim, Jamiu Temitipe Sulaimon

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by