Meningkatkan Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Inovatif Berbasis PTK sebagai Pengembangan Profesi Pendidik

Kristina Wijayanti(1*), Stevanus Budi Waluya(2), Sukestiyarno Sukestiyarno(3), Kartono Kartono(4), Putriaji Hendikawati(5),

(1) Mathematics Departement, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Semarang
(2) Mathematics Departement, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Semarang
(3) Mathematics Departement, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Semarang
(4) Mathematics Departement, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Semarang
(5) Mathematics Departement, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i1.58752

Abstract


Peningkatan mutu pendidikan salah satunya dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi pendidik. Upaya untuk meningkatkan kompetensi pendidik dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai berbagai metode, pendekatan, serta strategi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas terkait juga dengan mencari solusi dari berbagai masalah pembelajaran di kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pendidikan dan pembelajaran. Permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran di kelas dapat dikaji dan dituntaskan, melalui proses pembelajaran yang inovatif sehingga hasil belajar yang lebih baik dapat diwujudkan. Upaya PTK diharapkan dapat menciptakan sebuah budaya belajar (learning culture) di kalangan pendidik di sekolah. Untuk memfasilitasi hal tersebut maka dilaksanakan pelatihan dan pendampingan kepada para pendidik di Sekolah Dasar Kebon Dalem Semarang untuk dapat menyusun perangkat pembelajaran inovatif berbasis PTK sesuai dengan permasalahan yang dihadapi pendidik pada kelas yang diampunya. Target luaran kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan mengenai PTK dan kemampuan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif para pendidik peserta pelatihan.


Keywords


learning model, learning method, inovative, teacher, classroom action research

Full Text:

PDF

References


Apriatna, E. J., & Indriati, D. (2020). The effectiveness of problem based learning assisted by cabri 3D on student’s mathematical communication writing and drawing skills. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1581, No. 1, p. 012060). IOP Publishing.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Garim I, Saleh M, inventors. (2021). PKM Pelatihan Model-Model Pembelajaran Inovatif Kepada Guru MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Pinrang.

Haryono H, Stanislaus S, Budiyono B, Widhanarto GP. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Inovasi Pembelajaran: Program Rintisan bagi Guru di Kabupaten Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan 46(2):75-80.

Hardjodipuro, S. (1997). Action Research Sintesis Teoritik. Jakarta: IKIP Jakarta.

Jones, I., Swan, M., & Pollitt, A. (2015). Assessing Mathematical Problem Solving Using Comparative Judgement. International Journal of Science and Mathematics Education, 13, 151-177.

Pagiling SL, Tembang Y, Rahayu DP, Riyana M, Sardiana IK, Purnawan NL, Siti NW. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SD dan SMP. International Journal of Community Service Learning. 27;7(2).

Putri, Y. U., & Musdi, E. (2020). Practicality of Learning Tools Based on Contextual Teaching and Learning Approach to Improve Mathematical Communication Skills for High School Students Grade VII. Journal of Physics: Conference Series Vol. 1554, No.1, p. 012010. IOP Publishing.

Karim, A., Suhendri, H., & Nurrahmah, A. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah SMA Perjuangan Depok. Jurnal Terapan Abdimas, 6(1), 63–69.

Sudrajat, A., Darojat, O., Purwatin, A., Sumiyati, S., Sardijo, Andriyani, D., Fatmasari, R., Mikdar, S., Munir, S., Jaya, F. (2023). Pengembangan Karya Inovasi Bagi Guru-Guru dalam Menyongsong Era Digital di Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Vol 13, No 2.

Taqwa, M., Razak, F., & Mahmud, A. (2021). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Teknologi Open Journal System dan Penggunaan Software R pada MGMP Matematika SMP. Jurnal SOLMA, 10(3), 431–439.

Voica, C., Singer, F. M., & Stan, E. (2020). How are motivation and self-efficacy interacting in problem-solving and problem-posing? Educational Studies in Mathematics, 105, 487-517.

Yuliati SR, Lestari I. (2018). Pelatihan Model-Model Pembelajaran Inovatif bagi Guru-Guru SD di Wilayah Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Jurnal Pemberdayaan Sekolah Dasar (JPSD), 4;1(1):1-7.


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Kristina Wijayanti, Stevanus Budi Waluya, Sukestiyarno Sukestiyarno, Kartono Kartono, Putriaji Hendikawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by