Peningkatan Keterampilan Digital Guru di Kota Tangerang Selatan Melalui Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Web

Sucipto Sucipto(1), Fitra Jaya(2), Sri Sumiyati(3), Mutia Kamalia Mukhtar(4), Siti Utami Dewi Ningrum(5), Nisa A'rafiyah Tri Wulandari(6*),

(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Terbuka
(3) Universitas Terbuka
(4) Universitas Terbuka
(5) Universitas Terbuka
(6) Universitas Terbuka
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i2.58553

Abstract


Kompetensi guru dalam mempersiapkan media pembelajaran berbasis web merupakan salah satu bagian dari keterampilan digital yang perlu ditingkatkan. Atas dasar hal itu, peningkatan keterampilan digital guru melalui pelatihan pembuatan bahan ajar interaktif berbasis web di Kota Tangerang Selatan penting untuk dilakukan. Peningkatan keterampilan digital ini dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan dan pendampingan. Sasaran pelatihan dan pendampingan ini adalah guru-guru sekolah dasar di Kota Tangerang Selatan. Pelatihan ini merupakan bentuk kerja sama antara Universitas Terbuka dengan Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini diawali dengan sosialisasi, dilanjutkan dengan dua kali sesi pelatihan dan pendampingan. Guru yang pada awalnya belum familiar dan memiliki keterampilan dalam mengembangkan bahan ajar berbasis web, berhasil mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis web untuk siswa sekolah dasar melalui pelatihan dan pendampingan ini.

Keywords


bahan ajar interaktif; media pembelajaran berbasis web; pelatihan

Full Text:

PDF

References


Chen, Y.-C. (2018). Enhancing Teaching Competence Through Bidirectional Mentoring and Structured On-The-Job Training Model. Mentoring ; Tutoring: Partnership in Learning, 26(3), 267–288.

Duffy, P. (2008). Engaging the YouTube Google-Eyed Generation: Strategies for Using Web 2.0 in Teaching and Learning Peter. The Electronic Journal of E-Learning, 6(2), 119–130.

Estiani, S. W., & Hasanah, E. (2022). Principal’s Leadership Role in Improving Teacher Competence. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 229–241.

Eunice, O. U., & Abolarin, E. E. (2012). Strategies for Enhancing Teacher Competence and Quality Of Classroom Instruction. Global Voice of Educators, 1(1), 1–6.

Farihin, F., Suteja, S., Muslihudin, M., Aris, A., Haqq, A. A., & Winarso, W. (2022). A Skill Application Model to Improve Teacher Competence and Professionalism. International Journal of Educational Methodology, 8(2), 331–346.

Gardner, A. K., Diesen, D. L., Hogg, D., & Huerta, S. (2016). The Impact of Goal Setting and Goal Orientation on Performance During A Clerkship Surgical Skills Training Program. The American Journal of Surgery, 211(2), 321–325.

Ghavifekr, S., & Rosdy, W. A. W. (2015). Teaching and Learning with Technology: Effectiveness of ICT Integration in Schools. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 1(2), 175–191. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:34569634

Ghory, S., & Ghafory, H. (2021). The Impact of Modern Technology in The Teaching And Learning Process. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 4(3), 168–173.

Hashim, H. (2018). Application of Technology in the Digital Era Education. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(2), 1.

Khan, S., Ahmed, R. R., Streimikiene, D., Streimikis, J., & Jatoi, M. A. (2022). The Competency-Based Training, Assessment, and Improvement of Technical Competencies and Changes In Pedagogical Behavior. E&M Economics and Management, 25(1), 96–112.

Koriati, E. D., Syam, A. R., & Ariyanto, A. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar dalam Proses Pembelajaran. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 5(2), 85–95.

Lewis, T. D., Burks, B. A., Thompson, C. N., & Austin, S. M. (2019). Technology Impact on K-12 Education. In Diverse Learning Opportunities Through Technology Based Curriculum Design (pp. 69–95). IGI Global.

Maddukelleng, M., Jihan, J., Gunawan, H., Murcahyanto, H., & Pasaribu, W. (2023). Hybrid Learning Innovation: Challenges for Developing Teachers Skills in Indonesia. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(2), 100.

Mali, Y. C. G., Kurniawan, D., Januardi, J. I., Swara, S. J., Lokollo, N. C. E., Picauly, I. A., … Pakiding, R. W. (2023). Issues And Challenges of Technology Use in Indonesian Schools: Implications for Teaching and Learning. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 7(2), 221–233.

Pengguna Akun Belajar.id Bisa Akses Canva Premium Gratis, Ini Keuntungan Lainnya. (2023, September). Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Timur. Retrieved from https://bbpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/pengguna-akun-belajar-id-bisa-akses-canva-premium-gratis-ini-keuntungan-lainnya

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 133.

Redjeki, H., Sukirman, & Santoso. (2021). Education and Training Technology Increases Teacher Competence. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1), 12082.

Sapriyah. (2019). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 470–477. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10.

Stone Wiske, M., Sick, M., & Wirsig, S. (2001). New Technologies to Support Teaching for Understanding. International Journal of Educational Research, 35(5), 483–501.

Syukkur, A., & Fauzan, F. (2021). Improving The Quality of Education Through The Principal’s Strategy to Develop Teacher Competence. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 563–574.

Tingen, J., Philbeck, L., & Holcomb, L. B. (2011). Developing Classroom Web Sites for 21st Century Learning. Kappa Delta Pi Record, 47(2), 88–90.


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Sucipto Sucipto, Fitra Jaya, Sri Sumiyati, Mutia Kamalia Mukhtar, Siti Utami Dewi Ningrum, Nisa A'rafiyah Tri Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by