Royong Sebagai Bentuk Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Sekolah Dasar

Arifin Manggau(1*), Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i3.57788

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menanamkan nilai-nilai moral pada anak usia dini melalui nyayian royong di Sulawesi selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian interdisiplin yaitu dengan menggunakan lebih dari satu disiplin ilmu menjadi satu. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi dan indepth interview serta studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa royong digunakan sebagai media pola asuh penanaman nilai-nilai Karakter pada anak Sekolah dasar, nilai-nilai yang terkandung didalamnya adalah penanaman budi pekerti etika yang baik. Lagu pengantar tidur (Royong), merupakan pola asuh seorang ibu/ nenek kepada anak/ cucunya karena isi/ lirik lagunya mengandung ajaran moral, nasehat atau doa-doa untuk anaknya yang dijadikan salah satu cara membuat anak selalu ingat akan petuah/ ajaran yang diucapkan ibu/ neneknya.

Keywords


Royong, Nilai-nilai Moral, Sekolah Dasar

References


Al-Afandi. (2015). Fungsi dan Nilai Nyanyian Buaian dalam Sastra Lisan Kaili. BAHASANTODEA, 4(3), 81–92. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bahasantodea/article/view/6333

Ardina, M. D. (2012). Implementasi Pembelajaran Musik Untuk Mengembangkan Mental Dan Psikomotorik Anak Penderita Down Syndrom. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 12(2), 125–131. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/2520

Frankel, J. P., & E., W. N. (2008). How To Design an Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Companies, inc.

Kamal, Z. (2015). Nyanyian Anak Balam: Terapi Mistik Perdukunan ke Seni Pertunjukan Rabab Pasisie di Pesisir Selatan Sumatera Barat. Humanus: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Humaniora, 14(2), 165–173. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/humanus/article/view/5683

Lestari, R. (2012). Nyanyian Sebagai Metode Pendidikan Karakter Pada Anak. In Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Salim, A. (2011). Ekspresi Kebijaksanaan Suku bugis Wajo Memelihara Anak (Analisis Sastra Lisan). Jurnal Al-Qalam, 17(1), 125–132. Retrieved from http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/viewFile/105/91

Sugiyono. (2013). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung.: Alfabeta.

Sumaryanto, F. T. (2007). Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif; Dalam Penelitian Pendidikan Seni. Semarang: UNNES PRESS.

Sutawi, T. K. (2018). Three Characters Moulded in Music Education. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 18(2), 200207. Retrieved from https://doi.org/10.15294/harmonia.v18i2


Article Metrics

Abstract view : 37 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Arifin Manggau, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by