Peningkatan Kreativitas melalui Kegiatan Menggambar dan Mewarnai pada Siswa Sekolah Dasar

Jalil Jalil(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i3.57533

Abstract


Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri 60 Majene. Masalah yang dijadikan sebagai tujuan penelitian adalah: (1) pengelolaan pembelajaran menggambar dan mewarnai di tingkat sekolah dasar kurang dapat meningkatkan kreatifitas siswa., (2) beberapa sekolah yang memiliki siswa dalan keadaan ekonomi lemah tidak sanggup untuk membeli bahan pewarna untuk pembelajaran menggambar dan mewarnai., (3) tidak adanya pelatihan menggambar dan mewarnai yang dibuat sedemikian rupa agar lebih menyenangkan untuk tingkatan sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah: (1) diskusi awal, (2) diskusi bahan pewarna alam, (3) persiapan bahan, (4) pelaksanaan kegiatan, (5) praktek, (6) evaluasi, dan (7) pameran. Hasil yang dicapai adalah (1) kegiatan ini menghasilkan beberapa perubahan kepada peserta, yakni; peningkatan kreatifitas, khususnya dalam menentukan bahan pewarna yang dibuat sendiri dari lingkungan sekitar mereka, (2) kegiatan menggambar dan mewarnai ini meningkatkan kreatifitas terhadap siswa di SD Negeri 60 Majene.


Keywords


kreativitas, menggambar, mewarnai, pewarna alam

Full Text:

PDF

References


Anik, Pamilu. (2007). Mengembangkan kreativitas dan kecerdasan anak. Jakarta: Buku Kita.

Hurlock B. Elizabeth, (1999). Perkembangan Anak.Jilid 2- Edisi Keenam. (Alih Bahasa Med Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lubis, N, A. (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar melalui Karya Seni Rupa Menggambar Imajinatif. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3 (2), hal 15-25.

Pamadhi, Hajar dan Evan Sukardi S, Hajizah Muis (2014). Seni Keterampilan Anak. Cet. 12. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Pamadhi, Hajar. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Ramli, A., Saputra, A, T. (2023). Representasi Nilai Siri’ Na Pacce Pertunjukan Teater Rakyat Kondobuleng Sanggar Seni Tradisional I Lolo Gading Paropo. Jurnal Panggung. 33 (4), hal 451-462.

Rohidi, R. T. (2011). Metode Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Saputra, A, T, dkk. (2023). Representasi Identitas Suku Makassar Pada Pertunjukan Toddopuli Di Negeri Siam: Telaah Semiotika John Fiske. Jurnal Pakarena. 8 (2), hal 90-101.

Yulianti, N, K, D., Marhaeni, N, K, S. (2021). Analisis Nilai Estetika Pertunjukan Wayang Kulit Cenk Blonk Dalam Lakon “Tidak Cukup Hanya Cinta”. Panggung: Jurnal Seni Budaya. 31(2), hal 239-249.

Yusuf, Munir dan Jurniati. (2018). Pengaruh Pendidikan bagi Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Cendikia, 1 (1), hal.31-38.


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jalil Jalil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by