Penggunaan Kartu Bergambar Berbasis Qr Code Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 35 Sangtempe

Syamsiah Djaga(1*), Sitti Hafiyah Nasri(2), Suarlin Suarlin(3), Bahar Bahar(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Sawerigading
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i3.57077

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media kartu bergambar berbasis QR Code men ingkatkan hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus pada penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 35 Sangtempe Kec Curio Kab Enrekang dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri 35 Sangtempe tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 12 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari pelaksanaan diperoleh data yang dikumpulkan dengan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Pada siklus I hasil penelitian observasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C), observasi aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (B), dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan, dimana hasil penelitian observasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi baik (B), observasi aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (B), dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu bergambar berbasis QR Code dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 35 Sangtempe Kec Curio Kab Enrekang.

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahid. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan prestasi Belajar. Istiqra, 5(meningkatkan prestasi).

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Azhar Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persadaarzya

Bakri, M. A. (2018). Studi Awal Implementasi Internet Of Things Pada Bidang Pendidikan. JREC (Journal of Electrical and Electronics), 4(1), 18-23. https://doi.org/10.33558/jrec.v4i1.565

Elan, Gandana, G., & Fauziah, D. E. (2023). Analisis Penggunaan Flashcard Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. Ceria:Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1).

Jannah, M., & Hasmawati, H. (2017). Penggunaan Media Kartu Bergambar Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(1). https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.298

Mousa, A. A., & El-salam, M. A. (2016). Employing QR Code as an Effective Educational Tool for Quick Access to Sources of Kindergarten Concepts. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, 10(7), 2162- 2165.

Nurcahya1, A., & Hady Siti Hadijah2. (2020). Pemberian penguatan (reinforcement) dan kreatifitas mengajar guru sebagai determinan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2), 83–96.

Rouillard, J., 2008, Contextual QR Codes, Proceedings of the Third International Multi – Conference on Computing in the Global Information Technology, ICCGI, Athens, Greece

Sofyatiningrum, E., Ulumudin, I., & Perwitasari, F. (2019). Kajian Umpan Balik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(2), 56

Sudjana, Nana. (2010). Proses dan Hasil Belajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Suryani, Rizka Olivia. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Qr Code pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Parts Of Body Kelas V. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung.

Usman, I. M. (2023). Penggunaan Media Animal Card Untuk Meningkatkan Kemampuan. 3(2), 38–50.

Waskito. (2017). Belajar Bahasa Inggris dengan Kartu (Seri Sayuran)

Wati, M. (2018). Pentingnya Pengakomodasian Pengalaman Belajar pada Pembelajaran IPA. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(1), 21–30.


Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Syamsiah Djaga, Sitti Hafiyah Nasri, Suarlin Suarlin, Bahar Bahar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by