Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Evaluasi Pembelajaran Tematik Interaktif Berbasis Literasi Numerasi Bagi Guru-Guru SD di Kota Lahat

Bunda Harini(1*), Siti Dewi Maharani(2), Marwan Pulungan(3), Suratmi Suratmi(4), Dwi Cahaya Nurani(5),

(1) Sriwijaya University
(2) Sriwijaya University
(3) Sriwijaya University
(4) Sriwijaya University
(5) Sriwijaya University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i1.54370

Abstract


Kegiatan pelatihan  pembuatan dan penggunaan evaluasi pembelajaran tematik interaktif berbasis literasi numerasi bagi guru-guru SD di Kota Lahat ini ini ber­tujuan untuk: (1) memberikan pemahaman tentang pembuatan dan penggunaan evaluasi pembelajaran tematik interaktif berbasis literasi numerasi; dan (2) memotivasi guru-guru SD agar dapat membuat evaluasi pembelajaran tematik interaktif berbasis literasi numerasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran di kelas. Metode dan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan, dengan teknik: ceramah secara luring dan daring yang divariasikan dengan diskusi dan tanya jawab, penugasan dan demonstrasi produk. Adapun yang menjadi sasaran kegiatan pelatihan ini adalah guru-guru SD di Lahat. Jumlah khalayak sasaran dalam pembinaan dan pelatihan ini terdiri atas 30 guru. Evaluasi dilakukan dengan teknik tes. Teknik tersebut dilakukan pada awal dan akhir pelatihan ini, sedangkan teknik non tes akan belangsung selama peserta membuat instrumen penilaian literasi numerasi. Berdasarkan hasil pretes dan postes, terlihat bahwa nilai rata-rata pretes sebesar 68.23 dan nilai rata-rata postes sebesar 78.83. Nilai rata-rata tersebut menunjukan peningkatan. Sebagaimana rancangan evaluasi yang menyatakan bahwa kegiatan ini dinyatakan berhasil bila jumlah rata- rata tes akhir lebih besar daripada tes awal.


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Azhar Arsyad. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Heri Rahyubi. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media

Magdalena dkk. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan dan Sains. Volume 2, Nomor 2, Agustus 2020; 244-257. https://ejournal.stitpn. ac.id/index.php/bintang

Rita Eka Izzaty, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Rusman. 2016. Pembelajaran tematik Terpadu. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Suryani, Nunuk dan Agung, Leo. 2012. Startegi Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Sudjana. (2000). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production

Sunardi dkk. (2011).Ayo Melakukan Pembelajaran Tematik. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Trianto. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik baik Anak Usia Dini TK/RA dan Ana Usia Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2010). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prenada

Widoyoko, Eko Putro. 2018. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahab, Rohmalina. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 23 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Bunda Harini, Siti Dewi Maharani, Marwan Pulungan, Suratmi Suratmi, Dwi Cahaya Nurani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by