Pengenalan Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Ampelgading

mila aftina(1*),

(1) Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i3.51847

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan bahasa arab melalui pembelajaran pengenalan dengan metode bernyanyi pada anak usia sekolah dasar di Desa Ampelgading Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Selain itu tujuan yang lain adalah untuk mengetahui proses belajar mengajar bahasa Arab melalui metode bernyanyi pada anak usia sekolah dasar di Desa Ampelgading Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Proses kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan beberapa metode seperti bernyanyi sambil bermain, bernyanyi dengan menggunakan Gerakan, dan bernyanyi dengan menggunakan media pembelajaran. Kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah; (1) Melalui nyanyian yang disampaikan dengan metode bermain yaitu bernyanyi dengan gerakan, maka anak-anak usia sekolah dasar dapat dengan mudah mengenal kosata-kosakata bahasa Arab; (2) Anak-anak usia sekolah dasar memiliki minat yang tinggi dalam mengenal bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dari antusias anak-anak ketika menyanyikan lagu berbahasa Arab yang diajarkan; (3) Lirik lagu pendek dan bahasa yang digunakan mudah sehingga siswa dengan mudah mencerna dan mengucapkan kosakata bahasa Arab.

 

Kata kunci: pengenalan, bahasa arab, bernyanyi, sekolah dasar


References


Borden, Marian Edelman. 2001. Smart Start: The Parents ‟Complete Guide To Prescool Education. Terj. Ary Nilandri. Cet. I. Bandung: Kaifa

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta : Rineka Cipta

Effendy, Ahmad Fuad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat

Keraf, Gorys. Komposisi: Sebuah kemahiran Keterampilan Berbahasa. Cet. IX. Jakarta: Nusa Indah

Rahardjo, Mudjia. 2001. Bahasa: Antara Pikiran dan Tindakan, dalam Ulul Albab: Jurnal Studi Islam, Vol. 3, No. 2. Malang: STAIN Malang

Sudono, Anggani. 2000. Sumber belajar dan Alat Permainan (untuk Anak Usia Dini). Bandung: Grasindo

Sumarsono. 2004. Buku Ajar Filsafat Bahasa. Jakarta: Grasid


Article Metrics

Abstract view : 6 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 mila aftina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by