Stop Bullying di Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Media Gambar

Indri Anugraheni(1*),

(1) Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
(*) Corresponding Author

Abstract


Bullying merupakan tindakan kekerasan yang dialami seseorang. Tindakan kekerasan banyak terjadi di sekolah baik di tingkat SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi. Bullying atau kekerasan yang terjadi di tingkat Sekolah Dasar, hal ini dikarenakan banyak siswa yang kurang mengerti apa itu bullying, tindakan apa saja yang merupakan bullying dan bukan bullying, serta akibat dari bullying. Untuk menumbuhkan pemahaman siswa tentang tindakan Bullying maka kami menerapkan kegiatan pembelajaran kolaboratif. Kegiatan Kegiatan pengabdian masyarakat melibatkan SD Mitra yaitu SD Kristen Satya Wacana. Pengabdian ini melibatkan kelas 3 SD Kristen Satya Wacana. 


Keywords


Bullying; Pembelajaran Kolaboratif; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Diduga Korban Bullying, Siswa SD Ini Kejang-kejang. Tempo.com https://metro.tempo.co/read/813091/diduga-korban-bullying-siswa-sd-ini-kejang-kejang

Kemendikbud. (2016). Panduan Teknis Pembelajaran dan penilaian di Sekolah dasar. Kemendikbud.

Kemendikbud Respons Kasus Bully Anak SD di Bukittinggi. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA.http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/14/10/12/nasional/hukum/14/10/12/ndbo4b-kemendikbud-respons-kasus-bully-anak-sd-di-bukittinggi

Siswati; Widayanti CG. (2009) Fenomena Bullying di Sekolah Dasar Negeri Di Semarang: Sebuah Studi Deskriptif. Jurnal Psikologi Undip. Vol 5, No.2.

Siswi SD Ini Disiksa di Sekolah karena Menolak Keinginan Ketua Geng. Kompas.com. http://regional.kompas.com/read/2017/08/01/16165921/siswi-sd-ini-disiksa-di-sekolah-karena-menolak-keinginan-ketua-geng.

Suryani, (2010). Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif untuk meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Majalah Ilmiah Pembelajaran. https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/3654/3127




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v8i2.4886

Article Metrics

Abstract view : 572 times | PDF view : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Indri Anugraheni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.