Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Berbasis Android Terhadap Capaian Kompetensi Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VI UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar

Syamsiah Djaga(1*), Fathiyah Indah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i1.44988

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran AKSI berbasis android di kelas VI UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar, untuk mengetahui kompetensi berpikir kritis peserta didik di kelas VI UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar, untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran AKSI terhadap capaian kompetensi berpikir kritis peserta didik di kelas VI UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. Jenis penelitian yaitu Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Groupmemberikan pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Prosedur penelitian yang digunakan dengan dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial yaitu analisis normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran AKSI saat digunakan menjadi peserta didik tertarik sehingga menghasilkan kategori sangat baik. Sedangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik berdasarkan hasil posttest pada kelas eksperimen menunjukkan kategori berpikir dengan kritis. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh P=0,000 lebih kecil dari α=0,05.


Keywords


Media Pembelajaran AKSI, Kompetensi Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Fauzi, A.M. & Abidin, Z. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis tipe kepribadian thinking-feeling dalam menyelesaikan soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1):1. https://doi.org/https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6769.

Isnaeni, A. (2018). Pengembangan Asesmen Kinerja Melalui Edmodo untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Komunikasi Abad Ke-21 pada Pembelajaran Lingkungan.http://repository.upi.edu/id/eprint/33740.

Jannah, D., Atmojo I. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Riau: Jurnal Basic edu.

Kemdikbud. (2016). Permendikbud No.20 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

OECD. (2018). The future of education and skills: education 2030. OECD Education Working Papers, 23. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1440-1827.2012.02814.x.

Pagarra, H., Bundu, P., Irfan, M., Hartoto, H. (2020). Pemberdayaan Aplikasi Berbasis Tes dan Penugasan Online untuk Evaluasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Seminar Nasional, 92112, 629–634. http://103.76.50.195/semnaslpm/article/view/16065.

Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs). Conference Series, 1(1), 742–750.

Saputra, M.D., D. (2018). The assessment of critical thinkingskill tests for accounting students of vocational high schools. International Journal of Educational Research Review, 4, 85–96.

Satya. (2018). Kajian singkat terhadap isu aktual dan strategis strategi Indonesia menghadapi industri 4.0. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, X(09):19.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.

Uribe-Enciso, O. L., Uribe-Enciso, D. S., & Vargas-Daza, M. D. P. (2017). Critical Thinking and its Importance in Education: Some Reflections, 19(34), 78–88. https://doi.org/10.16925/ra.v19i34.214


Article Metrics

Abstract view : 103 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Syamsiah Djaga, Fathiyah Indah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by