Sosialiasasi Kurikulum dan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Agama Kristen dan Budi Pekerti

Eunike Rose Mita Lukiani(1*),

(1) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i1.44359

Abstract


Sosialisasi ini meripakan bentuk literacy kurikulum merdeka dikalangan praktisi yaitu Guru Mata Pelajaran Agama Kristen dan Budi Pekerti tingkat SD, SMP, SMA/MA kota dan kabupaten Kediri. Sosialisasi ini dilaksanakan berdasarkan analisis situasi yang diketahui dari Kementrian Agama Kabupaten Kediri Peyelenggara Kristen, yang menyatakan Guru Mata Pelajaran Agama Kristen dan Budi Pekerti tingkat SD, SMP, SMA/MA kota dan kabupaten Kediri kurang memahami Kurikulum Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila dalam implementasi pada Pelajaran Agama Kristen dan Budi Pekerti. Sementara sebagai seorang guru sangat penting memahami kurikulum merdeka belajar agar dapat mengejawantahkan kurikulum merdeka dengan benar dan tepat pada peserta didik. Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Universitas Nusantara PGRI Kediri bekerja sama dengan Kementrian Agama Kabupaten Kediri Peyelenggara Kristen. Adapun metode sosialisasi dikemas dalam bentuk workshop dan pendampingan. Hasil sosialisasi diketahui pemahaman Guru Agama Kristen dan Budi Pekerti terhadap kurikulum merdeka dan profil pelajar Pancasila meningkat.

Keywords


Kurikulum; Merdeka Belajar; Pendidikan Agama Kristen; Budi Pekerti

Full Text:

PDF

References


Daga, Agustinus Tanggu. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Volume 7, No. 3, 2021, pp. 1075-1090 DOI: 10.31949/educatio.v7i3.1279. P-ISSN 2459-9522 E-ISSN 2548-6756

Fitriyah, Chumi Zahroul. Dkk. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 12 No. 3, September 2022: 236-243

Habibah, Maimunatun. (2022). Pengembangan Kompetensi Digital Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. SITTAH: Journal of Primary Education P-ISSN: 2745-4479 E-ISSN: 2745-4487 Journal Homepage: https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/sittah Journal e-mail: [email protected] Page : 76-89.

Ihsan, Muhammad .(2022). Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Seri Publikasi Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Isu-Isu Kontemporer-AKBK3701. Pusat Publikasi S-1 Pendidikan IPS FKIP ULM.

Nugrohadi, Saptono. Dkk. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran Vol. 16, No. 1, Juni 2022, pp. 77-80 p-ISSN: 1978-936X e-ISSN : 2528-0562 DOI: http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v16i1.11953

Nurmitasari. Dkk, Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sd Negeri 02 Bangunsari. Bagimu Negeri : Jurnal Pengabdian Masyarakat P-ISSN : 2548-8651 | E-ISSN : 2548-866X Email : [email protected] | https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/bagimunegeri

Rahayu, Restu. Dkk. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022 Halaman 6313 - 6319 Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu

Suryaman, Maman. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar . Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2020 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/ E-ISBN : 978-602-5830-27-3 13 Halaman 13-28


Article Metrics

Abstract view : 169 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Eunike Rose Mita Lukiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by