Pengembangan Program Pendidikan Karakter Untuk Penanaman Nilai Nilai Kebaikan Bagi Mahasiswa

Abd Haling(1), Usman Usman(2*), Syamsuddin Syamsuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i1.43930

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (a) untuk mengetahui gambaran nilai-nilai karakter bagi kebutuhan pengembangan program pendidikan karakter untuk penanaman nilai-nilai kebaikan bagi mahasiswa, (b) untuk mengetahui tingkat validitas program pendidikan karakter, dan (c) untuk mengetahui tanggapan calon pengguna terhadap program pendidikan karakter bagi mahasiswa. Program pendidikan karakter yang dikembangkan diharapkan memiliki kesahan dan kepraktisan produk untuk digunakan dalam menyelesaikan masalah tingkah laku dan penanaman nilai-nilai karakter bagi mahasiswa. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini terdiri atas, pakar, dosen, dan mahasiswa. Data diperoleh menggunakan teknik observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil peneliti menunjukkan bahwa: (a) Kebutuhan nilai-nilai karakter bagi pembinaan mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan, yaitu nilai kelakuan, nilai kerajina, nilai kerapihan, nilai kebersihan, dan nilai kedisiplinan, (2) Hasil pengujian validitas program pendidikan karakter  berkualifikasi “sangat valid”, (3) Hasil tanggapan calon pengguna terhadap program pendidikan karakter brkualifikasi “sangat baik”. Hasil penelitian disimpulkan bahwa produk program penguatan pendidikan karakter adalah valid, praktis dan sesuai keprluan bagi sasaran pengguna. Hasil penelitian ini diharapkan memenuhi tuntutan penyediaan program pendidikan  karakter untuk digunakan bagi pembinaan mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Abd. Haling, 2009. Pengembangan model pendidikan karakter sebagai upaya mencegah kejahatan dan demoralisasi pada anak di sekolah dasar. Makassar: Lemlit-UNM.

Abdul Madjid dan Andayani, D. 2011. Pendidikan karakter perspektif Islam. Bandung: Remaja rosdakarya.

Bloom, B. S. ed. Et al. 1956. Taxonomy of Educational Objectives: Handbook 1, Cognitive Domain. New York: David McKay.

Elmubarak, E. 1990. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta Bandung.

Lickona, T. 1992. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books, New York.

Mansyur Ramly. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Moleong, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya

Mok Soon Sang. 2010. Falsafah Pendidikan, Kurikulum dan profesionalisme Keguruan. Selangor: Penerbitan Multimedia SDN. BHD.

Muhaimin. 2010. Pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali pers.

Muslich, M. 2008. KTSP: Dasar pemahaman dan pengembangan. Malang: Bumi aksara.

Muslich, M. 2011. Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: Bumi aksara.

Ratna Megawangi. 2004. Pendidikan Karakter: Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa: Jakarta: Start Energy.

------------------------ 2007. Karakter: Isu-isu Permasalahan Bangsa. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2006. Jakarta: Depdiknas.

------------------------ 2010. Kebijakan Nasional Pengembangan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemko Kesejahteraan Rakyat.


Article Metrics

Abstract view : 220 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Abd Haling, Usman Usman, Syamsuddin Syamsuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by