PENGARUH POLA BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA

Petrus Logo Radja(1*),

(1) Institut Agama Kristen Negeri Kupang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i2.42834

Abstract


ABSTRAK

Pengaruh Pola Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola belajar dan gaya belajar terhadap motivasi berprestasi mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini pada Institut Agama Kristen Negeri Kupang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Kuantitatif. Dengan sampel penelitain sebanyak 107 mahasiswa dari total 146 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner pola belajar, kuesioner gaya belajar dan kuesioner motivasi berprestasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola belajar dan gaya belajar memiliki pengaruh terhadap  motivasi berprestasi sebesar 39 % dan sisanya  61 % dipengaruhi oleh variabel lain.

 

Kata kunci: Pola Belajar; Gaya Belajar; Motivasi Berprestasi

 

ABSTRACT

The Effect of Learning Patterns and Learning Styles on Student Achievement Motivation. This study aims to determine the effect of learning patterns and learning styles on achievement motivation of third semester students of the Early Childhood Christian Education Study Program at the Kupang State Christian Institute. The research method used in this research is quantitative research methods. With a research sample of 107 students from a total of 146 students. The sampling technique used the Cluster Random Sampling Technique. The data were collected using a learning pattern questionnaire, a learning style questionnaire and an achievement motivation questionnaire. The data analysis used is simple linear regression analysis. The results showed that learning patterns and learning styles had an influence on achievement motivation by 39% and the remaining 61% was influenced by other variables.

 

Keywords: Learning Patterns; Learning Style; Achievement motivation


Keywords


Pola belajar, gaya belajar, motivasi berprestasi

References


Amalia, D., Rachman, D. N., & Mayangsari, M. D. (2018). Perbedaan Motivasi Berprestasi Pada Santri Pesantren Dan Peserta Didik Sekolah Umum Di Martapura. Jurnal Kognisia, 1 Nomor 2, 38–46. Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1545

Aprilianto, T., Fakhruddin, & Wandi, S. (2020). Dampak Game Online terhadap Pola Belajar Anak: Studi di Desa Ujung Tanjung III Kabupaten Lebong. Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 2 edisi 1(1), 68–80. Retrieved from https://doi.org/10.29300/hawapsga.v2i1.3286

Asari, P. C. G., & Suarya, L. M. K. S. (2019). Peran kecerdasan emosional dan persaingan antar saudara terhadap motivasi berprestasi pada remaja. Jurnal Psikologi Udayana, (1), 44–55. Retrieved from https://ocs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/52408/31014

Asriyanti, F. D., & Janah, L. A. (2018). Analisis Gaya Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 183–187. Retrieved from https://doi.org/10.17977/um027v3i22018p183

Astuti, S. P., & Handayani, S. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Berprestasi Yerhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal SAP, 2(1), 1–11. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1104

Cholifah, T. N., Degeng, I. N. S., & Utaya, S. (2016). Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan, 1(3), 486–491. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6177

Darmawati, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Negeri Di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 79–90. Retrieved from https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p79-90

Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and sampling methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 215–217. Retrieved from https://doi.org/10.15406/bbij.2017.05.00149

Ginuny, S. (2018). Hubungan Antara Pola Belajar Dengan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa SMP YPK Bethel Aimas. Biolearning Journal, 5(1), 7–13. Retrieved from https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/261

Indriyani, S., & Handayani, N. S. (2018). Stres Akademik Dan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Yang Bekerja Sambil Kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2), 153–160. Retrieved from https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2260

Maheni, N. P. K. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 85. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20077

Marambe, K. N., Vermunt, J. D., & Boshuizen, H. P. A. (2012). A cross-cultural comparison of student learning patterns in higher education. Higher Education, 64(3), 299–316. Retrieved from https://doi.org/10.1007/s10734-011-9494-z

Marvianto, R. D., Ratnawati, A., & Madani, N. (2020). Motivasi Berprestasi sebagai Moderator pada Peranan Kecerdasan Emosi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 16(1), 74–82. Retrieved from https://doi.org/10.24014/jp.v16i1.9538

Mulya, H., & Indrawati, E. (2016). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Empati, 5(2), 293–302. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15224/14720

Nayantika, J., & Savira, S. I. (2017). Motivasi Berprestasi Mahasiswa yang berasal dari Pulau Mandangin. Psikologi Pendidikan, 04(01), 1–12. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/18913

Nieder, G. L., Borges, N. J., & Pearson, J. C. (2011). Medical Student Use of Online Lectures: Exam Performance, Learning Styles, Achievement Motivation and Gender. Medical Science Educator, 21(3), 222–228. Retrieved from https://doi.org/10.1007/BF03341711

Nurmalasary, N. (2018). Pengaruh Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 189–198. Retrieved from https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2767

Pamungkas, C. T., & Amir, M. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 517–529.

Prasetyo, T. F., & Iqbal, M. (2016). Sistem Pakar Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Berbasis Web. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2016 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1–7. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/776

Pratama, A., & Ahmad, M. R. S. (2017). Pengaruh Pola Belajar Terhadap Prestasi Siswa di SMA Negeri 1 Tellu Limpoe. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi - FIS UNM, 31–35. Retrieved from http://103.76.50.195/sosialisasi/article/view/12833

Prihatin, M. satri. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS Sma Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 06, 443–452.

Prihatini, A., Romas, M. Z., & Widiantoro, F. W. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Universitas x Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 14(1), 7–11. Retrieved from https://www.ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/572

Rahman, A., & Yanti, S. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Peudada. Jurnal Pendidikan Almuslim, 4(2), 117214.

Rahmi, S., Nadia, R., Hasibah, B., & Hidayat, W. (2017). the Relation Between Self-Efficacy Toward Math With the Math Communication Competence. Infinity Journal, 6(2), 177–182. Retrieved from https://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p177-182

Restu, D. D. W. (2020). Pola Belajar Mahasiswa Pekerja Part-time: Studi Terhadap Mahasiswa Jurusan PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Tarbawih STAI AL Fitrah, 1979, 119–135. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/3068

Rochimah, N., & Suryadi. (2018). Pengaruh motivasi berprestasi dan kepercayaan diri terhadap belajar mandiri mahasiswa. El-Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 01(01), 7–12. Retrieved from https://staibanisaleh.ac.id/ojs/index.php/ElBanar/article/view/8

Roestiyah, N. K. (2001). Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta. Jakarta.

Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53–60. Retrieved from https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818

Sari, I. P. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo Pada Materi Statistika. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2), 86–92. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/4867

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2012). Motivasi dalam pendidikan: Teori, penelitian, dan aplikasi. Jakarta: PT. Indeks.

Serungkenate, B., & Hasbullah. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(3), 228–234. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/8241

Sibawaih, I., & Rahayu, A. T. (2017). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Kharismawita Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 3(2), 172–185. Retrieved from https://doi.org/10.30998/rdje.v3i2.2014

Sirait, E. D. (2018). Pengaruh Gaya dan Kesiapan Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 207–218. Retrieved from https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2231

Situmorang, S. A. A. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Di SMP Alethea Jember. Jurnal Pijar Mipa, 2(1), 8–16. Retrieved from https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Susanti, Y., & Benedictus, K. (2016). Korelasi Antara Kemampuan Awal, Pola Belajar Dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Se-Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 101–108. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/413

Syam, A. (2016). Pengaruh Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan Sekolah, Partisipasi dalam Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap hasil Belajar Matematika. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 290. Retrieved from https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1696

Trisnowali, A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 259–278. Retrieved from https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a8

Vermunt, J. D., & Donche, V. (2017, June). A Learning Patterns Perspective on Student Learning in Higher Education: State of the Art and Moving Forward. Educational Psychology Review. Springer New York LLC. Retrieved from https://doi.org/10.1007/s10648-017-9414-6

Wulandari, D. S., & Rusmana, I. M. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Kecerdasan Logika Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 76–81. Retrieved from https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.18

Yusuf, M. T., & Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tadris, Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85–92. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/view/893


Article Metrics

Abstract view : 66 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Petrus Logo Radja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by