Pengaruh Pembelajaran Quantum dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika

Latri Latri(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i1.39029

Abstract


Siswa perlu memiliki kemampuan memperoleh, memilih dan mengolah informasi untuk bertahan pada keadaan yang selalu berubah dan penuh dengan persaingan. Penggunaan musik dalam media pembelajaran akan memberikan dampak  positif untuk proses pembelajaran karena musik merupakan salah satu cara untuk merangsang pikiran, sehingga siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik. Atas dasar itu, penulis mengangkat model pembelajaran quantum yang menggunakan media berupa musik instrumental klasik yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran quantum dengan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika siswa?, (ii) Apakah hasil belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dan diajarkan dengan pembelajaran quantum yang diiringi musik instrumental klasik lebih tinggi daripada tanpa diiringi musik instrumental klasik?, (iii) Apakah hasil belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah dan diajarkan dengan pembelajaran quantum yang diringi musik instrumental klasik lebih rendah daripada tanpa diiringi musik instrumental klasik? Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen dengan tekhnik pengumpulan data melalui instrument tes. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Watampone dan kelas VIII C siswa SMP Negeri 2 Watampone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) secara keseluruhan komponen dari perangkat pembelajaran yang divalidasi termasuk dalam kategori “Valid” dan dapat digunakan dengan revisi kecil., (ii) hipotesis pertama terjadi interaksi antara kemampuan awal dengan pembelajaran quantum (iii) hipotesis kedua, siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dan diajarkan dengan pembelajaran quantum yang diiringi musik instrumental klasik hasil belajarnya lebih tinggi dari pada tanpa diiringi musik instrumental klasik, (iv) hipotesis ketiga, siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah dan diajarkan dengan pembelajaran quantum tanpa diiringi musik instrumental klasik hasil belajarnya lebih rendah daripada diiringi musik instrumental klasik

Full Text:

PDF

References


Agung, I Gusti Ngurah. 2006. Statistika: Penerapan Model Rerata-Sel Multivatiat dan Model Ekonometri dengan SPSS. Jakarta: Yayasan Sad Satria Bhakti

Alwisol. 2005. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Bandura, A. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman.

Ernawati. 2013. Pengaruh Efikasi Diri, Konsep Diri, Aktivitas Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Somba Opu. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Malang (UNM)

Ghufron, M. N & Risnawita, R. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Ilhamsyah. 2012. Pengaruh Efikasi diri, Metakognisi dan Regulasi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri di Kabupten Wajo. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Kuzle, A. 2007. Patterns of Metacognitive Behavior During Mathematics Problem Solving in a Dynamic Geometry Environment. International Electronic Journal of Mathematics Education, University of Paderborn. (Online), Vol. 8, No. 1, (http://www.iejme.com/012013/d2.pdf, diakses 5 Oktober 2014).

Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, S. 2011. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di MTs Negeri Babakan Ciwaringin Cirebon (online), (http://suaedah-nugroho-blongspot.com) Diakses Tanggal 27 Januari 2015.

Nurwahidah, K. 2011. Hubungan Antara Regulasi Diri, Pengguna Jejaring Sosial, dan Prokrastinasi pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Psikologi

Universitas Negeri Makassar.

Pehkonen, E. 2008. Problem Solving in Mathematics Education in Finland. Journal. University of Helsinki, Finland. (Online). (http://www.unige.ch/math/EnsMath/Rome2008/WG2/Papers/PEHKON/ pdf, diakses 5 Oktober 2014).

Polya, G. 1957. How to Solve It? (Online),

(http://www.math.utah.edu/~alfeld/math/polya.html, diakses 2 Oktober 2014).

Rome, A. J. 2004. Creative Inteligence: Membangkitkan Potensi Inovasi dalam Diri Organisasi Anda. Bandung: Kaifa.

Solso, R. L. & Macline, O. H. 2007. Psikologi Kognitif (edisi 8). Jakarta: Erlangga.

Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, Prabawanto, S., Nurjanah, Rohayati, A. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suliswanto, A. 2012. Pengaruh Kreativitas dan Aktivitas terhadap Hasil Belajar Matematika SMP Kelas VII (online), (ejurnal.stkipjb.ac.id, diakses taggal 27 januari 2015).

Wolters, C. A. 1998. Self-Regulated Learning and College’s Students Regulation of Motivation. Journal of Educational Psychology. (online), 90 (2), 224-235.

Wulandari, T & Zulkaida, A. 2007. self regulated behavior pada remaja putri yang mengalami obesitas. vol 2:1858-2559 (online), (http:repositorygunadarma.ac.id :8000/167, diakses pada 5 Oktober 2014).

Www.IntensitasdalamBelajarSiswa.Com/1/12/2011/Suara-Nurani-Guru.html. diakses 2 Oktober 2014.


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 latri latri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by