Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Media Pembelajaran Tematik Interaktif Kurikulum 2013 Bagi Guru-Guru di SD Musi Rawas Utara (Muratara)

Vina Amilia Suganda M(1*),

(1) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i3.38636

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini harus siap diterima oleh guru dimana saja berada, sehingga pengetahuan dan kemampuan dalam penerapan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi perlu dimiliki oleh guru. Mampu merancang, dan membuat serta menggunakan media dan evaluasi pembelajaran interaktif merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan oleh setiap guru, terkhusus guru di Sekolah Dasar.  Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan program studi PGSD FKIP Universitas Sriwijaya diharapkan dapat membantu guru SD di Muratara sejumlah 20 orang untuk dapat membuat dan menggunakan media pembelajaran tematik interaktif kurikulum 2013. Pelatihan pembuatan dan penggunaan media dan evaluasi pembelajaran tematik interaktif bagi guru di Sekolah Dasar kabupaten Muratara berdampak positif terhadap pengetahuan dan pengembangan diri pada guru. Dampak yang positif terlihat dari segi pengetahuan yaitu terdapat peningkatan pemahaman para guru terhadap media dan evaluasi pembelajaran tematik interaktif dari hasil tes awal dan tes akhir peserta yaitu peserta yang mendapatkan nilai ≥75 pada tes awal sebanyak 5 orang atau 25%, etelah pelatihan hasil tes akhir peserta menunjukkan 19 peserta yang mendapatkan nilai ≥75 atau sebesar 95%. Pemahaman dari perancangan dan pembuatan media dan evaluasi pembelajaran tematik interaktif bermanfaat untuk membantu peserta dalam proses pembelajaran di kelas sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal.

 

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, tematik, kurikulum 2013


References


Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/JABDIMAS.V5I1.986

Amelia, D. J., & Muzakki, A. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Cerita Bergambar Digital Pada Siswa Kelas IV SD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(1), 216–232. https://doi.org/10.29407/JPDN.V7I1.16168

Ariyanti, I., & Yunus, M. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Guru SMP dalam Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Liveworksheets. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1397–1407. https://doi.org/10.31764/JMM.V5I4.5045

Aziz, I. N., Ani, Y., & Dewi, S. (2020). The Use of Powerpoint As Media of Language Teaching on Students’ Speaking Skill . Humanities & Social Sciences Reviews, 8(1), 344–358. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8145

Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1). https://doi.org/10.14421/AL-BIDAYAH.V8I1.91

Collins, J. (2004). Education Techniques for Lifelong Learning . RadioGraphics, 24(4), 1177–1183. https://doi.org/10.1148/rg.244035180

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/MAHAJANA.V2I3.1277

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49–63. https://doi.org/10.55784/JUPEIS.VOL1.ISS3.75

Mardiana, T., & Purnanto, A. W. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. URECOL, 183–188.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa, 13(1), 116–132. https://doi.org/10.35719/ANNISA.V13I1.26

Nurgiansah, T. H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Konvensional dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1529–1534. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I3.4902

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 56–65. https://doi.org/10.33365/JM.V3I1.1008

Putri, N. U., Adrian, Q. J., Jayadi, A., Sembiring, J. P., & Sudana, W. (2022). Pengenalan Aplikasi Canva Kepada Masyarakat dan Staf Pemerintahan Desa Sidosari Lampung Selatan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1), 63–69. https://doi.org/10.33365/JSSTCS.V3I1.1769

Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4025–4035. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I3.2844


Article Metrics

Abstract view : 89 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Vina Amilia Suganda M

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by