Efektivitas Metode Flash Card Model Permainan Kuartet Tehadap Pengetahuan Folklore Sulawesi Selatan

Andi Inayah Soraya(1*), Ghaniyya Tri Alami(2), Sabna Mutmainnah Katili(3), Nurani Nurani Nurani(4),

(1) Hasanuddin University
(2) Hasanuddin University
(3) Hasanuddin University
(4) Hasanuddin University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i1.38272

Abstract


Berdasarkan observasi awal, ditemukan fakta bahwa pengetahuan tentang folklore lokal pada siswa khusunya siswa SMP di Makassar sangatlah kurang. Mayoritas hanya mengetahui cerita rakyat yang berasal dari luar Sulawesi Selatan. Padahal ada banyak folklore dari Sulawesi Selatan yang menarik dan  sarat nilai-nilai moral didalamnya.  Berdasarkan pemikiran tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran metode flash card model permainan kuartet  tehadap pengetahuan folklore Sulawesi Selatan dengan memperkenalkan judul dan unsur intrinsik beberapa folklore meliputi tokoh, setting, tema, dan amanat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  observasi dan one group pretest-posttest design dengan total sampel 48 siswa SMP. Dari hasil hasil uji Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test) diperoleh hasil sebanyak 47 siswa (98%) hasil post-testnya lebih besar dari nilai pretest yang diperoleh sebelumnya, dan 1 siswa (2%) yang hasil post-test sama dengan pretestnya. Selanjutnya dengan melihat p-value 0.00, maka dimana p-value­ < 0,05 maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara pengetahuan tentang folklore sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) bermain falsh card folklore Sulawesi Selatan model permainan kuartet.  

 


Keywords


Flash Card, Permainan Kuartet, Folklore, Sulawesi Selatan

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Jakarta Persada.

Hidayat, WA dkk. 2019. Struktur dan Fungsi Cerita Rakyat Benayuk Versi Desa Sepala dalung Kabupaten Tana Tidung: Kajian Strukturalisme Naratologi. Jurnal Ilmu Budaya Vol. 3, No. 4, 2019. e-ISSN 2549-7715. Hlm: 422-452

Karsono. 2014. Penggunaan kartu Kuartet untuk Meningkatkan Pemahaman Keberagaman Seni Tari Nusantara Pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 1 April 2014, (hal. 43-49)

Komariah, Yoyoh. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Cerota Rakyat Kuningan Terintegrasi Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMP. Dieksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 5, No. 1 (2018) p-ISSN: 2355-6633 e-ISSN: 25485490. hlm: 100-110.

Maria, A. 2013. Analisis Tema Dan Latar Novel Kelana Cinta Syafiyya Karya Fitria Pratiwi. Jurnal Nasional.Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Nurgiyantoro, B. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.


Article Metrics

Abstract view : 290 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Andi Inayah Soraya, Ghaniyya Tri Alami, Sabna Mutmainnah Katili, Nurani Nurani Nurani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by