Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri 1 Unggulan Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara

Irawati Sabban(1*), Fahmi Jaguna(2), G. Karlos Papingka(3), Ledy Yanti Lessy(4), Nurhani Mahmud(5), M. Rais Salim(6), Subhan Hayun(7), Sarman Sibua(8),

(1) Universitas Pasifik Morotai
(2) Universitas Pasifik Morotai
(3) Universitas Pasifik Morotai
(4) Universitas Pasifik Morotai
(5) Universitas Pasifik Morotai
(6) Universitas Pasifik Morotai
(7) Universitas Pasifik Morotai
(8) Universitas Pasifik Morotai
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i1.37998

Abstract


Profil Pelajar Pancasila merupakan bagian penting dalam rencana strategis kementrian pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan visi dan misi yang tertuang didalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Pelajar Pancasila yang digagas sebagai perwujudan pelajar Indonesia yang mengaplikasikan belajar sepanjang hayat perlu disosialisasikan oleh para akademisi di Satuan pendidikan dasar di Kabupaten Pulau Morotai. Build Character for bright future merupakan tema besar kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu instrument untuk menyebarluaskan profil Pancasila yang diharapkan sebagai karakter pelajar Indonesia. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan karakter siswa masa depan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang digagas dalam enam kompetensi yang dirumuskan sebagai dimensi kunci. Metode kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode ruang kelas. Adapun yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini adalah guru dan siswa di SD Negeri 1 Unggulan Pulau Morotai yang merupakan Sekolah Percontohan di Kabupaten Pulau Morotai. Kegiatan ini mendapatkan dukungan positif berdasarkan pada tanggapan yang diberikan oleh kepala sekolah, guru-guru, dan siswa melalui wawancara. Selain itu kegiatan ini berjalan efektif sesuai hasil pengamatan kegiatan berlangsung, baik guru dan siswa memperlihatkan semangat mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir sehingga profil pelajar Pancasila dapat dipahami dan diaplikasikan.


Keywords


learning project

Full Text:

PDF

References


Ariani, Dkk. (2021). PANCASILA Merdeka Belajar dan Kemerdekaan Pendidik. Malang: Unisma Press

Arsyad, M. (2021). Teori Belajar dan Peran Guru Pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.

Daniel, Zuchron. (2021). Tunas Pancasila. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Dyah, M. Sulistyati., Wahyaningsih, Sri dan I Wayan Wijania. (2021). Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamina Mutu Pendidikan.

Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka (2022). Kampus Mengajar: Pengabdian dan Harapan. Surakarta: Karya Jaya Sentosa

Rani Kusuma Ningtyas, - (2021) Konsepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Profil Pelajar Pancasila. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Rohayani, Ida., Suryana, Enung, dan Imayanti, Rina. (2021). Pembelajaran dan Penilaian Proyek Kolaborasi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Susanti Sufyadi, dkk. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Jakarta: Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaram Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Wibiyanto, Ferliana Syahputro. (2021). Analisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah. Skripsi: Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Zahrotum, Barorina. (2021). Konseptual Implementasi Profil Pelajar Pancasila (Studi Kasus di Mi Al-Kautsar Durisawo Ponorogo dan SDN 1 Nologaten Ponorogo). Skripsi: Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Irawati Sabban, Fahmi Jaguna, G. Karlos Papingka, Ledy Yanti Lessy, Nurhani Mahmud, M. Rais Salim, Subhan Hayun, Sarman Sibua

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by