Pelatihan Keterampilan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Role Playing Games (RPG) bagi Guru SDN 5 Mendo Barat

M Iqbal Arrosyad(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i2.37811

Abstract


Guru SDN 5 Mendo Barat mengalami kesulitan dalam mengembangkan dan membuat media pembelajaran yang inovatif, sehingga pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan buku cetak dan gambar dan hal ini membuat siswa kurang antusias dalam belajar. Pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan komunitas guru SDN 5 Mendo Barat dalam melatih dan memahami penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Role Playing Games (RPG). Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan praktek, dengan langkah-langkah tahap pertama observasi awal atau analisis situasi, tahap kedua perencanaan pelayanan, dan tahap ketiga pelaksanaan pelatihan dan praktek, dan tahap keempat evaluasi. Waktu yang digunakan dalam pelatihan ini adalah 2 hari kegiatan. Subyek pengabdian ini adalah 11 orang guru di SDN 5 Mendo Barat. Hasil yang didapat bahwa kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, para guru yang mengikuti sangat antusias untuk memahami media pembelajaran berbasis aplikasi RPG yang diajarkan, tanya jawab serta praktek langsung juga dilakukan agar kegiatan berjalan dengan baik.

Keywords


Pelatihan Keterampilan, Role Playing Games (RPG), Pembelajaran Berbasis Aplikasi.

References


Aribowo, E. K., & Purwanto, A. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Memanfaatkan Aplikasi Quizlet, Quizizz, dan Perangkat Lunak EclipseCrossword. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1125–1141. https://doi.org/10.30653/002.202164.1062

Arosyad, I., & Nugroho, F. (2019). Bahan Ajar STRATEGI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR Berbasis Pembelajaran Rajak Jauh. Intishar Publishing Bumirejo.

Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2020). Development of Variations in Greetings Before and After Learning the Moral Character of Students in Elementary Schools. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12(2), 89. https://doi.org/10.30595/dinamika.v12i2.8233

Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca dan Numerasi di Tengah Evolusi Konsep Literasi. Jurnal Basicedu, 5(6), 6378–6384. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1758

Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2022). Pengembangan Digital Tranformasi Role Playing Games (RPG) Base Learning pada Pendidikan Kemuhammadiyah Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3462–3472. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2626

Arrosyad, M. I., Nugroho, F., & Saputra, A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Program Quran Qorner. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 124–130.

Arrosyad, M. I., Nuriani, W., & ... (2021). Pelatihan Pengembangan Potensi UMKM Dodol Singkong Desa Renggiang di Masa Pandemi Covid 19. JCSE: Journal of …, 2(1), 1–8. http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jcse/article/view/748

Ash-shiddiqy, A. R., & Mamesah, M. (2021). Pelatihan Komunikasi Asertif untuk Meningkatkan Pengetahuan Pencegahan Napza pada Siswa Sekolah Menengah Pertama YWKA II Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1044–1050. https://doi.org/10.30653/002.202164.1063

Ati, M. Q. (2016). Badrut Tamami Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jember Kondisi riil di masyarakat kita , masih kita temukan kendala dalam pembelajaran Al quran ini . Ada kecenderungan saat ini bahwa sebagian banyak umat Islam , menempatkan pembelajara. Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 3(1), 27–33.

Chemutai, E. (2015). The Role of School Principals As Human Resource Managers In Secondary Schools in Nandi County, Kenya. Global Journal of Human Resource Management, 3(1), 73–82.

Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Analisis Kesan Program Pelatihan dan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Gunawan, W., Devianto, Y., Dwiasnati, S., & Wijaya, H. D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Cam Multimedia pada Teknik Photo Editing untuk UMKM Kelurahan Palmerah , DKI Jakarta. 6(4), 1081–1088. https://doi.org/10.30653/002.202164.865

Hartati, S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Seworan Materi Hubungan Antargaris melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Media Konkret. Cendekiawan, 1(2), 28–42. cendekiawan.unmuhbabel.ac.id

Ifroh, R. H., & Permana, L. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Kemampuan Kreatif Digital Remaja. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1158–1165. https://doi.org/10.30653/002.202164.867

Kementrian Kesehatan. (2020). Pedoman COVID REV-4. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19), 1(Revisi ke-4), 1–125.

Kosasih, F., Juhana, J., Suratinah, S., & Riyanti, R. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Siswa Bagi Guru Tpa Babussalam Bogor. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 57–61. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1.1329

MPOC. (2020). Analisis Komparasi Manajemen Pendidikan Muhammadiyah Pada Penanganan Covid-19 Di Indonesia Dan Australia. Malaysian Palm Oil Council (MPOC), 21(1), 1–9. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2020). Impelementasi pelatihan hidroponik untuk peningkatan kemampuan pendidikan karakter di desa jelutung. AbdiMuh : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16–22.

Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2021). the Implementation Blended Learning Method Using Articulated Storyline in Class 4 Fraction Learning, Muhammadiyah Primary School, Pangkalpinang. Berumpun: International Journal of Social, Politics, and Humanities, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.33019/berumpun.v4i1.46

Nugroho, F., & Iqbal Arrosyad, M. (2020). Moodle Multimedia Development in Web-based Integrative Thematic Learning for Class IV Elementary Students. Cendekiawan, 2(1), 49–63. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.177

Rofik, A. (2021). Peningkatan Kecakapan Bahasa Inggris Santri di Masa Pasca Covid-19 Melalui Program Pengajaran TOEFL di SMA Berbasis Pesantren. Ppm.Ejournal.Id, 6(4), 1051–1058. https://doi.org/10.30653/002.202164.881

Sarbini, R., S., P., & Setyawati, O. (2015). Pengembangan Game Content Model Untuk Game-Based Learning Pemahaman Berlalu-Lintas. Jurnal EECCIS, 9(1), 37–42.

Shofa, H., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis role playing games (RPG) pada materi lingkaran untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 151–164. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15048

Simarmata, J. E., & Ahzan, Z. N. (2021). Bimbingan dan Pelatihan Penalaran Matematika Jenis Soal UTBK bagi Siswa SMA di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1015. https://doi.org/10.30653/002.202164.853

Siregar, P. S., & Hatika, R. G. (2021). Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis HOTs Menggunakan Socrative di MA Nurul Iman Mahato. Jurna Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1213–1218. https://doi.org/10.30653/002.202164.810

Wildana, M. N. (2020). Keefektifan Desain Media Role Playing Games Berbasis Android Pada Materi Redoks Dan Tata Nama Senyawa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2524–2535.


Article Metrics

Abstract view : 21 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 M Iqbal Arrosyad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by