Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Dan Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Di Masa Endemi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Dede Abdul Azis(1*), arrahim arrahim arrahim(2), Yudi Budianti Budianti(3), Kori Sundari Sundari(4), aningsih aningsih aningsih(5), Rini Endah Sugiharti(6), Rima Rikmasari Rikmasari(7),

(1) Universitas Islam 45 Bekasi
(2) Universitas Islam 45 Bekasi
(3) Universitas Islam 45 Bekasi
(4) Universitas Islam 45 Bekasi
(5) Universitas Islam 45 Bekasi
(6) Universitas Islam 45 Bekasi
(7) Universitas Islam 45 Bekasi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i3.37570

Abstract


Pengabdian Kepada Msyarakat ini memiliki latar belakang yang dialami oleh mitra bahwa (1) minimnya kompetensi guru dalam mengimpelemntasikan kurikulum merdeka dan evaluasi terhadap pertemuan tatap muka terbatas (PTMT), (2) kurangnya kemapuan guru dalam membuat perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka dan Evaluasi terhadap PTMT, (3) kurang mampunya guru, staf dan kepala sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka dis ekolah dasar, (4) adanya kendala dalam membuat desain pembelajaran yang menarik berbasis kurikulum merdeka. Alternatif solusi yang diberikan dan dilakukan melalui kegiatan pengabdian kepada msyarakat ini adalah mengadaan Workshop untuk mengimpelementasikan kurikulum merdeka dan evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) bagi Guru, Staf dan Kepala Sekolah SDN Sukamaju 01 Desa Sukamaju Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi. Target  luaran pengabdian ini berupa perantara pengadaan Pelatihan dan bimbingan strategi implementasi kurikulum merdeka serta pembuatan perangkat pembelajaran, desain pembelajaran berbasis kurikulum merdeka untuk Guru, staf, dan Kepala Sekolah. Metodologi pengabdian ini berupa diskusi, ceramah, problem based learning dan simulasi/prakterk. Hasil pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan berupa memberikan pemahaman dan pengintegrasian dalam menginplementasikan secara bersama kurikulum merdeka dan penggunaan beberapa tools seperti Canva, Az Screen Recorder, Andromo untuk membuat dan mendesain perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka yang nanti akan digunaan oleh Guru ketika proses pembelajaran.  

 


Keywords


Kurikulum Merdeka,Evaluasi PTMT, Hasil Belajar, Sekolah Dasar

References


Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30.

Aswat, Hijrawatil Et Al. 2021. “Implikasi Distance Learning Di Masa Pandemi COVID 19 Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(2): 761–71.

Basa, Zahra Alhumairah, And Hudaidah Hudaidah. 2021. “Perkembangan Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP Pada Masa Pandemi COVID-19.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3): 943–50. Https://Www.Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Article/View/461.

Basar, Afip Miftahul Et Al. 2021. “Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi ) A . Pendahuluan Kemampuan , Sikap , Dan Bentuk-Bentuk Tingkah Laku Yang Bernilai Positif . Hal Itu Untuk Pencipta . Pendidikan S.” 2(1): 208–18.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47–66. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1 .741

Carman, Jared M. 2005. Blended Learning Design: Five Key Ingredients. Diunduh dari http://blended2010.pbworks.com/f/Carman.pdf (tanggal 25 April 2021)

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540.

Dewi, T. U., & Handayani, S. L. (2020). Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis Digital Bagi Guru SMA di Era Revolusi Industri 4.0. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2), 146– 153. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.66 97

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1): 55–61.

Direktorat Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Penilaian pada Kondisi Khusus di SMA.

Direktorat Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Belajar dari Rumah melalui Pembelajaran Jarak Jauh di SMA.

Dwishiera, Non., C.A. (2021). Pengembangan Kompetensi Guru SD dalam Membuat Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Anchor. Indonesian Journal of Primary Education, 5(2) 132-140.

Fadilla, Annisa Nurul, Ayu Suci Relawati, And Nani Ratnaningsih. 2021. “Jurnal Jendela Pendidikan.” 01(02): 48–60. Habibah, Riasatul Et Al. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 2(02): 1.

Garani., Anisa W., et el. (2020). Penggunaan Media berupa Digital pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4) 186-191.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hayati, T. U. F. (2022). Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva dalam Pembelajaran Bangun Datar di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, 8–15.

Kemdikbud. 2020. “Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19.” Kemendikbud 2019: 1–58. Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2020/06/Buku-Saku-Panduan-Pembelajaran-DiMasa-Pandemi-Covid19.

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/ 2021, Nomor 384 Tahun 2021; Nomor HK.01.08/ MENKES/4242/2021; Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.

Leasa, Marleny., et.el (2020). Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Dalam Mendesain Video Pembelajaran. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 8087.

Nissa, Siti Faizatun, And Akhmad Haryanto. 2020. “Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 8(2): 402.

Pattanang, Emik, Mesta Limbong, And Witarsa Tambunan. 2021. “Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada Smk Kristen Tagari.” Jurnal Manajemen Pendidikan 10(2): 112–20.

Putri, R. A., & Handayani, S. L. (2021). Pengambangan Media SiMach Land Berbasis Android di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549.

Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah.

Roswati. (2008). Evaluasi Program/Proyek (Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Format Usulan). Jurnal Pendidikan Penabur - No.11/Tahun ke-7/Desember.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Rajawali Pers.

Smaldino, S. E., Lowthier, D. L., & Russell, J. D. (2011). No TitleInstructional Technology & Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Kencana.

Soekartawi (2006). Makalah Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. Yogyakarta, 17 Juni 2006

Soemantri, S. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Digital. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64–69. https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.2372

Sudjana, Nana. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Coronavirus Disease (COVID-19) pada Satuan Pendidikan.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus disease (Covid-19).

Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).


Article Metrics

Abstract view : 7 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Dede Abdul Azis, arrahim arrahim arrahim, Yudi Budianti Budianti, Kori Sundari Sundari, aningsih aningsih aningsih, Rini Endah Sugiharti, Rima Rikmasari Rikmasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by