Pembekalan Penyusunan LKPD STEAM Sekolah Dasar Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Banten

Monika Handayani(1*),

(1) Universitas Terbuka
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i2.36673

Abstract


Pembelajaran STEAM merupakan kegiatan pembelajaran abad 21 yang perlu dikuasai guru di sekolah dasar. Pembelajaran STEAM dapat diaplikasikan melalui bahan ajar yang didesain dalam kegiatan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada pembekalan bagaimana aplikasi pembelajaran STEAM di sekolah dasar melalui LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis STEAM dan model Project Based Learning (PjBL). Berdasarkan hasil identifikasi masalah diketahui bahwa guru SD di Carita kecamatan Labuan-Pandeglang Banten belum memahami aplikasi kegiatan pembelajaran STEAM maupun mengaplikasikan pembuatan LKPD dengan desain pembelajaran STEAM. Pembekalan menggunakan metode workshop (pelatihan) yang meliputi pemberian materi mengenai STEAM dan desain pembelajaran menggunakan LKPD, pembuatan LKPD STEAM, pembimbingan secara daring LKPD STEAM yang telah dibuat, menerapkan LKPD di kelas, dan evaluasi refleksi. Produk yang dihasilkan pada kegiatan pengabdian ini adalah LKPD berbasis STEAM dengan penggunaan model PjBL sebagai salah satu model pembelajaran yang menfasilitasi kegiatan STEAM. Hasil dari pengabdian ini diketahui bahwa guru merasa materi pembuatan desain pembelajaran STEAM ini relevan dan bermanfaat sesuai dengan keprofesian guru di sekolah dasar. Selain itu, hasil dari pretest dan posttest juga menunjukkan bahwa setelah kegiatan pembekalan guru lebih memahami konsep STEAM dan penerapannya di kelas. Pembekalan ini mendorong guru untuk mampu meningkatkan kompetensinya dalam mendesain bahan ajar sesuai trend pembelajaran abad 21 dengan penerapan model PjBL

Keywords


STEAM, LKPD, Project Based Learning, Elementary School

References


Adriyawati, Utomo, E., Rahmawati, Y., & Mardiah, A. (2020). Steam-project-based learning integration to improve elementary school students’ scientific literacy on alternative energy learning. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 1863–1873. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080523

Chung, C. C., Huang, S. L., Cheng, Y. M., & Lou, S. J. (2022). Using an iSTEAM project-based learning model for technology senior high school students: Design, development, and evaluation. In International Journal of Technology and Design Education (Vol. 32, Issue 2). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s10798-020-09643-5

Dewi, N. P. L. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 222. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36725

Fatma, H. (2021). Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bioteknologi Dengan Pjbl Berbasis Steam. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.2574

Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 310. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2604

Nuragnia, B., Nadiroh, & Usman, H. (2021). Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar : Implementasi Dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 187–197. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388

Nurwulan, N. R. (2020). Pengenalan Metode Pembelajaran STEAM Kepada Para Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 Sampai 3. Jurnal Madaniya, 1(3), 140–146.

Pamela, I. S. (2022). Pelatihan Pembelajaran Aktif Secara Daring melalui Lembar Kerja Peserta Didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Singkut. 12, 141–145.

Sigit, D. V., Ristanto, R. H., & Mufida, S. N. (2022). Integration of Project-Based E-Learning with STEAM: An Innovative Solution to Learn Ecological Concept. International Journal of Instruction, 15(3), 23–40. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1532a

Siregar, Y. E. Y., Rahmawati, Y., & Suyono. (2020). Elementary school teacher’s perspectives towards developing mathematics literacy through a STEAM-based approach to learning. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012030


Article Metrics

Abstract view : 185 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Monika Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by