Bercerita Melalui Boneka Tangan Membentuk Karakter Anak Pada Usia Dini di TK Nasional Plus Tunas Global Depok

Djudjur Luciana Rajagukguk(1*), Yayu Sriwartini(2), Agus Salim(3),

(1) Universitas Nasional
(2) Universitas Nasional
(3) Universitas Nasional
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i1.35165

Abstract


Pada anak usia dini di TK Nasional Plus Tunas Global membutuhkan suatu contoh  dalam membentuk karakter  anak untuk bergaul dengan teman sebaya. Melalui metode bercerita dapat menyampaikan pesan  dalam   membentuk karakter  anak dan  dapat menambah pengetahuan anak mengenai nilai-nilai moral yang berlaku di masyarakat guna mempengaruhi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Cara penanaman moral bercerita pada anak-anak merupakan metode yang sangat cocok dengan penerapan storytelling melalui media boneka tangan. Diharapkan anak-anak dapat memahami dan menerapkan pesan dari cerita yang telah di sampaikan. Anak yang masuk  di bangku sekolah awal yaitu  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sudah mulai bersosialisasi.  Sehingga, cerita  yang cocok untuk diperdengarkan  yakni mengenai kehidupan yang berbagi dengan sesamanya, sehingga mereka akan lebih toleran terhadap temannya. Namun, tentu kisah yang dituturkan harus mengandung makna yang dapat dijadikan jadi rujukan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Anak pun akan mengaitkannya dengan kehidupan anak-anak. Pengabdian ini dilakukan  melalui zoom meeting TK Red B TK Nasional Plus Tunas Gobal,  karena  wabah covid 19 yang  melanda negara Indonesia. Hasil pertemuan dengan anak-anak TK Nasional Plus Tunas Global merejka makin memahamu nilai-nali dalam bermain dengan teman-temannya. Mereka mengerti  harus bisa membantu, menolong, ram,ah dalam berteman.


Full Text:

PDF

References


Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213.

Karnaen, S. M. N., & Royanto, L. R. M. (2019). Storytelling Menggunakan Boneka Tangan Oleh Guru: Dapat Meningkatkan Keterampilan Regulasi Emosi Anak TK A? Journal of Psychological Science and Profession, 3(2), 75–82.

Mansur, M. A. (2005). Pendidikan anak usia dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Musfiroh, T. (2009). Menumbuhkembangkan baca-tulis anak usia dini. Grasindo.

Na’imah, T., & Dwiyanti, R. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Boneka Dari Kaos Kaki Untuk Pembelajaran Berkarakter Di Tk. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(1).

Pamungkas, D. (2012). Bercerita dalam Kaitannya dengan Pendidikan Karakter Anak. ATIKAN, 2(1).

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11.

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan karakter anak usia dini: Keluarga, sekolah, dan komunitas?(Studi kualitatif tentang pembentukan karakter anak usia dini melalui keluarga, sekolah, dan komunitas). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13–19.

Saodi, S., Irmayani, A., & Parwoto, P. (2021). Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Smart KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 19–27.

Yunisari, D. (2019). Pengembangan Nilai Karakter Anak Melalui Metode Bercerita Bercerita di TK Islam Terpadu AL-AZHAR Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 6(2), 145–152.


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Djudjur Luciana Rajagukguk, Yayu Sriwartini, Agus Salim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by