Pengaruh Model Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Bangkala II Kecamatan Manggala Kota Makassar

Muh. Faisal(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i2.34109

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model sinektik terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Bangkala II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, menggunakan desain Quasi Experimental Design bentuk non probability sampling.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi, sedangkan variabel terikatnya adalah penggunaan model sinektik. Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Bangkala II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Sampel yang terpilih berdasarkan teknik purposive sampling adalah Kelas V A sebagai kelas kontrol dan V B sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing terdiri dari 19 jumlah siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statsistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis menggunakan independent sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model sinektik terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Bangkala II Kecamatan Manggala Kota Makassar.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Krisna. 2017. Efektivitas Model Menulis Kolaborasi Dengan Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas. 3 (2): 1-10.

Aprinawati, Iis. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Sekolah Dasar Negeri 55 Pekanbaru. Jurnal Basicedu, Volume 1 Nomor 1 Tahun 2017 Halaman 31-44

Askarullah. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Wacana Deskripsi Berbasis Pembelajaran Outdoor Class Kelas X-4 SMAN Polewali Mandar. Multilingual: Jurnal Kebahasaan dan Kesusastraan, XII (2)

Atmazaki. 2007. Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. Padang: Angkasa Raya.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Endraswara, Suwardi. 2013. Teori Kritik Sastra: Prinsip, Falsafah, dan Penerapan. Yogyakarta: CAPS

Hamidah, dkk. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Di SD Negeri 49 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol 2, No 1 (2019, Hal: 54–60

Joyce, Bruce; Weil, Marsha; dan Calhoun, Emily. 2015. Models of Teaching: Model-model Pengajaran (Terj. Fawaid dan Mirza). Yogyakarta: Pustaka Belajar

Kemendikbud. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniandari, T. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 3 Limbangan Dengan Teknik Latihan Terbimbing Melalui Media Lagu. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Vol. 5, No.1.

Ridwan, M. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Melalui Media Gambar di SMA Negeri 1 Tinggi Moncong. Sawerigading: Jurnal Bahasa dan Sastra, 17 (1). Hal. 313-326 .

Siddiqui, Mujibul dan Hasan. 2013. Synetic Model of Teaching: Developing Creativity Skills of Individuals and Groups of Society. Indian Journal of Applied Research. Vol. 3, No. 4, 2013. Hal. 132-134

Ramadhani, Sri dan Pasaribu, Eva. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik terhadap Kemampuan Menulis Puisi Ssiswa Kelas V SD Sasta Pangeran Aantasari Medan. Jurnal Bina Gogik, Volume 8 No. 2 September 2021. Hal :57-64


Article Metrics

Abstract view : 226 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Muh. Faisal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by