Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Fractional Food Math Craft Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN No. 6 Kampung Baru Majene Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene

Hikmawati Usman(1*), Muhammad Irfan(2), Mutmainnah Mutmainnah(3), Bahar Bahar(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i2.33947

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Fractional Food Math Craft terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN No. 6 Kampung Baru Majene Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Variabel bebas dalam penelitian ini menggunakan media pembelajaran fractional food math craft, variable terikat ialah hasil belajar matematika. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik pemilihan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Tes dikumpulkan dari pemberian tes pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Independent sample T-Test. Hasil penelitian yang telah dilakukan berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan media pembelajaran fractional food math craft masuk ke dalam kategori sangat efektif; (2) Hasil belajar matematika keterampilan berhitung pecahan siswa yang menggunakan media pembelajaran fractional food math craft  diperoleh pada posttest kelas eksperimen masuk ke dalam kategori sangat tinggi, posttest pada kelas control masuk ke dalam kategori sedang; (3) Terdapat pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Fractional Food Math Craft Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN No. 6 Kampung Baru Majene Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Hal ini dibuktikan pada nilai probalititas 0,09 < 0,05 dan thitung > ttabel (2,695 > 1,697)

Full Text:

PDF

References


Ainun, N., Fadilah, S., & Marlina, R. (2021). Pengaruh Alat Peraga Pacapi ( Papan Pecahan Pizza ) Terhadap Hasil Belajar Untuk Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. 8(2), 301–309.

Bruno, L. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Discovery Learning Berbantuan Talking Stick Siswa Kelas 2. Jurnal Handayani, 7(2), 149–159.

Damayanti, L., Suana, W., & Riyanda, A. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmeneted Reality Pengenalan Perangkat Keras Komputer. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer Dan Informatika, 6(1), 10–19.

Egidius Jalal, Yasinta Lisa, D. S. (2016). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 134–144.

Fadjarajani, S., Rosali, E. S., & Noerdianasari, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Geografi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 19–28. https://doi.org/10.21009/pip.341.3

Febiola, K. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28263

Harususilo, Y. E. (2018). Skor PISA 2018 : Peringkat Lengkap Sains Siswa di 78 Negara, Ini Posisi Indonesia. Kompas.Com.

Indonesia, U., Ayu, D., Dita, A., Kedokteran, F., Studi, P., & Ilmu, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Senam Otak Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika. 3(1).

Isran Rasyid Karo-Karo S, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM, VII(1), 91–96.

Kamza, M., Husaini, & Ayu, I. L. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347

Khotib, N. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Pecahan Sederhana melalui Media Kartu Pecahan pada Siswa Kelas VI SDN Temon Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2018/2019. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 4(1), 51–68. https://doi.org/10.32616/pgr.v4.1.207.51-68

lonanda, sovia. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar, Lingkungan Belajar Dan Peranan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Ips Di Sma Pgri 4 Padang. Economica, 5(2), 179–190. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v5.i2.482

Nurafifah, L., & Taufan, M. (2021). Learning trajectory : Bagaimanakah Mengajarkan Pecahan Menggunakan Konteks Makanan Tradisional ? 12(2), 414–429.

Pajarwati, A., Pranata, O. H., & Ganda, N. (2019). Penggunaan Media Kartu Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Membandingkan Pecahan. Penggunaan Media Kartu Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Membandingkan Pecahan, 6(1), 90–100.

Ruslimin. A, Agung Suci Dian Sari, H. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Metode Pembelajaran Learning Contracts dengan Metode Pembelajaran Learning Journals Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Enrekang. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4047(2716), 5–12.

Suwarno, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sd Negeri 22 Kepahiang Dalam Menentukan Volume Bangun Ruang Melalui Penggunaan Alat Praga Kubus Satuan. Jurnal PGSD, 9(2), 267–276. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.267-276

Wahyuni, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10022

Warniasih, K., Kurniawati, R. M., & Utami, N. W. (2018). Journal of honai math. Journal of Honai Math, 1(1), 14–23.


Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Hikmawati Usman, Muhammad Irfan, Mutmainnah Mutmainnah, Bahar Bahar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by