Pelatihan Pembelajaran HOTS di MI Se-Kota Palembang

Fuaddilah Ali Sofyan(1*), Aquami Aquami(2), Sunardi Sunardi(3),

(1) UIN Raden Fatah Palembang
(2) UIN Raden Fatah Palembang
(3) Universitas Muhammadiyah Palembang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i2.31898

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pelatihan pembelajaran HOTS di MI Se-Kota Palembang. Pengabdian ini dengan menggunakan model PAR (Partisipatory Action Research) dengan metode seminar daring atau webinar dan bimbingan online. Dalam mencari data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Sedangkan analisis data kualitatif dengan cara reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil pengabdian yang dilakukan peneliti, peneliti melaksanakan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. (1) Pada tahap perencanaan peneliti melaksanakan rancangan pelatihan dengan tim program studi dan melakukan pengembangan bahan ajar berupa slide power point. (2) Pada tahap pelaksanaan terdapat 2 kegiatan yaitu webinar dan bimbingan online. Webinar disampaikan oleh 2 narasumber yang membahas tentang pengertian HOTS, Pembuatan RPP HOTS, Model-Model Pembelajaran HOTS, dan cara membuat soal-soal HOTS. Sedangkan pada bimbingan online hanya fokus pada pembuatan soal-soal HOTS. (3) Evaluasi kegiatan ini ada beberapa poin diantaranya 43,9% peserta merasa puas terhadap webinar, 51% peserta menilai sangat baik dalam penyampaian materi narasumber, 48% peserta menilai baik pada penyajian webinar, 52% peserta menilai narasumber baik dalam berinteraksi dengan peserta, 54, 1% peserta menilai baik terhadap vokal narasumber, 53,1% mahasiswa merasa puas dalam penyampaian informasi melalui WA grup, pelayanan paniatia dinilai baik oleh 50% peserta, 53, 4% peserta merasa baik dan tepat waktu jadwal pelaksanaan webinar, kualitas video dan suara dinilai baik oleh peserta, dan 58,2% peserta merasa kegiatan webinar sangat bermanfaat.

Keywords


Pelatihan; Pembelajaran Higher Order Thinking Skill

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Mulyono, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta: PT Rineka Cipta,2009)

Adi Isbandi R i. Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarakat: Sebagai upaya Pemberdayaan Masyarakat. (Jakarta:Rajawali Pres, 2013)

Agus affandi dkk Modul Participatory Action Research (PAR). IAIN Sunan Ampel Surabaya: Lembaga pengambian Masyarakat.(2013)

Ahmadi Rulan, Memahami Metode Penelitian Kualitatif, (Malang: Universitas Negeri Malang, 2003)

Aqib, Zainal, “Model-Model Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif)”, (Bandung: CV Yrama Widya, 2018)

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis

Cintang Nyai, Kajian Pengembangan Bahan Ajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thingking Skills) Pada Kurikulum 2013, (2016) , Vol 1 No 01

Depdikbud, kurikulum Pendidikan, (Jakarta: Haig Yvonne, 2013)

Fanani Achmad, Dian Kusmaharti, Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (HigherR Order Thingking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V, Jurnal Pendidikan Dasar,

Fanani, Moh Zainal, Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013, Jurnal Edudeena Vol. II. No. 1, 2018

Feazwoeld, “Seminar” (Jakarta:Erlangga, 2015)

Hamalik Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2017)

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2017)

Handoko, Hani. Manajemen Personaliadan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. (Penerbit BPFE. Yogyakarta, 2000)

Haryanto, Basuki I. , Asesmen Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2016)

Hursanto Radno, Pengelolaan Kelas yang Dinamis (Paradigma Baru pembelajaran Menuju kompetensi Siswa), (Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI), 2007)

Kamil, Mustofa,. Model Pendidikan dan Pelatihan. (Bandung: alfabeta, 2007)

Kauchak , Eggen P, Strategi dan Model Pembelajaran, (Jakarta: PT Indeks, 2012)

Kemendikbud, “Panduan Penyususnan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots)” (Jakarta: Direktorat Pembinaan Sma Dirjen Pendidikan Menegah Kemendikbud) Widana I.W. “Modul Penyususnan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots), ( Jakarta: Direktorat Pembinaan Sma,Smp,Sd Kemdikbud, 2017)

Mangkunegara. Perencanaan dan Pengembangan SDM. (Bandung : Refika Aditama, 2006)

___________, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008)

Mangkuprawira, Syafry. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi. (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002)

Matthew B. Milles dan A. Michael Hubrman. Analisis Data Kualitatif , (Jakarta: UI Press, 1992)

Milles dan Huberman, Qualitative Data Analisis (Baverly Hill: Sage Publication, 1992)

Pane, Aprida, M Darwis Darsopang, Belajar dan Pembelajaran, Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 3, No. 2, 2017

Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Richard Arends, Learning To Teach (Belajar Untuk Mengajar), (Yogyakarta: Pustaka Belajar,2008)

Robert C. Bogd dan J Steven Taylor, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif,. Terjemahan. A.Khozin Afandi, (Surabaya: Usaha Nasional, 1993)

Rusman, Pembelajaran Tematik Terpadu (Teori Praktik dan Penilaian), (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2015)

Simora, Heny.. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua, (Yogyakarta : STIE YKPN, 2003)