Peran Digital Parenting Terhadap Penggunaan Gawai Anak SD

Ivan Stevanus(1*), Pricilla Anindyta(2),

(1) UNIKA ATMAJAYA JAKARTA
(2) UNIKA ATMAJAYA JAKARTA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i1.25494

Abstract


Digital parenting merupakan model pola pengasuhan anak yang disesuaikan dengan kebiasaan anak yang begitu akrab dengan perangkat digital. Prinsipnya, menanamkan sikap bijak berperilaku dalam pemanfaatan teknologi serta tetap menerapkan aturan agar anak tidak sampai kelewat batas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran digital parenting terhadap penggunaan gawai anak SD. Metode penelitian yang digunakan adalah quantiative method dimana pengumpulan data melalui penyebaran instrumen kepada orang tua siswa SD. Teknik analisis dimana data dianalisis dengan dideskripsikan dan ditampilkan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil penelitian tentang digital parenting, diperoleh hasil bahwa sebanyak 71 orang tua siswa dengan persentase 54% memiliki tingkat sedang dalam skor peran digital parenting terhadap siswa dan jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah siswa bertingkat rendah yaitu berjumlah 34 orang tua siswa dengan persentase 26% dan bertingkat tinggi yang berjumlah 27 orang tua siswa dengan persentase 20%. Tantangan untuk memaksimalkan potensi anak semakin berat saat anak memasuki era digital. Era digital menawarkan beragam kesempatan baru untuk mengembangkan diri, namun juga menyimpan ancaman. Oleh karena itu, penting bagi orang tua mengembangkan model pengasuhan yang bertujuan menghindarkan anak dari ancaman dan memaksimalkan potensi digital melalui digital parenting.

Keywords


Digital parenting; Gawai

Full Text:

PDF

References


Budi, M,E,P. (2020). Pelaksanaan kelas digital parenting bertema cara mencegah kecanduan gawai di masa golden age. Jurnal Rosyada: Islamic Guidance and Counseling Vol 1. No. 1 2020. Hal 23-38

Faisal, N. (2016). Pola Asuh Orang Tua dalam Mendidik Anak Di Era Digital. Jurnal An-Nisa. Volume IX Nomor 2 (Desember, 2016).

Fatmawati, N,I (2019). Literasi digital mendidik anak di era digital bagi orang tua milenial. MADANI Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan Vol 11 No 2 (2019): Agustus 2019 (P-ISSN 2085 - 143X) (E-ISSN 2620 - 8857). Hal 119-138

Laely,K & Istiningsih,G & Pramita,Y,D & Iftitah,S,N. (2017). Parenting Pengasuhan di Era Digital dalam Rangka Mendukung Terwujudnya PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) di Daerah Miskin. The 6th University Research Colloquium 2017 Universitas Muhammadiyah Magelang.

Lubis, H, Rosyida, A, H, Solikhatin, N,H. (2019). Pola asuh efektif di era digital. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat ISSN : 2714-5239 (Online); ISSN : 2686-0686 (Print) Volume 1 No. 2 Desember 2019. Hal 102-109

Maisari, S & Purnama, S. (2019). Peran digital parenting terhadap perkembangan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di RA Bunayya Giwangan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi

Palupi, Y. (2015). Digital parenting sebagai wahana terapi untuk menyeimbangkan dunia digital dengan dunia nyata bagi anak. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015. Hal 47-50

Rode, J (2009). Digital parenting: Designing children’s safety dalam British Computer Society, London, 6 (12) : 244-251. DOI: 10.14236/ewic/HCI2009.29

Sanders, M.R, (2008). Triple p-positive parenting program as a public health approach to strengthening parenting, Journal of Family Psychology. Volume 22 issue 4. DOI: 10.1037/0893-3200.22.3.506

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Universitas Muhammadiyyah Sukabumi.

Sigman, A. (2017). Screen dependency disorder; A new challenge for child neurology. Journal of the International of the International Child Neurology Association, Mey, 1-15. DOI: 10.17724/jicna.2017.119

Suhardi, T dan Utami, E. Ayah & Bunda, Mengatasi Kecanduan Gawai pada Anak. Semarang: Syalmahat Publishing, 2019.

Sukiman. dkk. (2016). Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak Di Era Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Taylor, Victoria Japan to launch 'fasting' camps for Internet-addicted students, article, dalam diakses pada tanggal 25 Februari 2021.

Triastuti, E, Prabowo, D,A,I dan Nurul, A (2017). Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak Dan Remaja. Depok: Pusat Kajian Komunikasi, FISIP Universitas Indonesia.

Wahyudi, T. (2019). Paradigma Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal RI’AYAH, Vol. 4 No. 01 Januari-Juni 2019.


Article Metrics

Abstract view : 579 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Ivan Stevanus, Pricilla Anindyta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by