Meningkatkan Resiliensi dan Optimisme Guru di Era Pandemi (Pengabdian Masyarakat di SD. Islam Terpadu Cordova Cikarang)

Anizar Rahayu(1*), Ida Saidah(2), Robert Yusnanto(3),

(1) Universitas Persada Indonesia Y.A.I
(2) Universitas Persada Indonesia Y.A.I
(3) Universitas Persada Indonesia Y.A.I
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.23652

Abstract


         Awal tahun 2020 Covid-19 menyebar ke berbagai belahan dunia dengan cepat, dan hingga saat ini belum dapat sepenuhnya teratasi. Dampak penyebaran covid-19 juga dirasakan di dunia pendidikan, termasuk oleh guru-guru di Yayasan Peradaban Cordova yang mengajar di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova di Cikarang, Bekasi. Persoalan terdekteksi ketika para guru mulai mengalami kejenuhan dalam menjalankan fungsi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dan pesimisme guru dalam melihat perkembangan siswa. Di sisi lain penggunaan media pembelajaran dirasa masih belum efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa serta adanya berbagai keluhan dari orangtua siswa yang merasa kesulitan mendampingi anak-anaknya belajar dari rumah. Sementara itu belum diketahui dengan pasti kapan pembelajaran tatap muka dapat segera dilakukan. Melalui webinar kepada guru pada program pengabdian masyarakat ini, diperoleh hasil: 1. Guru dapat memahami dengan bijaksana kondisi pandemic covid-19 dan kaitannya dengan pembelajaran jarak jauh yang harus dijalankan sebaik mungkin di tengah keterbatasan yang ada. 2. Guru mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan resiliensi dan optimisme di masa pandemi ini. 3. Meningkatnya rasa optimisme dalam diri yang kemudian mendorong guru lebih kreatif dalam mengajar. 4. Guru yang memiliki resiliensi dan optimisme lebih bahagia dan mampu mengahadapi keterbatasan dengan lebih kreatif dan produktif di masa sulit seperti saat ini.

 

 


Keywords


Resiliensi, Optimisme

Full Text:

PDF

References


Abbott, G. (2004). A study of teacher resilience in urban school. Journal of Instructional Psychology.

Frankl, V. E. and Wong, P. T. P (2020). Made for Resilience and Happiness: Effective Coping with COVID-19. Ontario: INPM Press.

Howard, S., & Jhonson, B. (2004). Resilient teachers: resisting stress and burnout. Journal of SocialPsychology of Education

Kuiper, N.A. (2012). Humor and resiliency: towards a process model of coping and growth. Europe's Journal of Psychology.

LaFramboise Teresa. D,. (2006). Family, Community, and School Influences on Resilience among American Indian Adolescents In The Upper Midwest. Personality and Social Psychology Bulletin Volume 34.

Luthan, F., Youssef,.C.M & Avolio (2007). Positive Psychology Cal Capital: Measurement And Relationship With Performance And Satistacion. Personel psychology 60, Pp. 541-572

Patterson, J.L., & Kelleher P. (2005). Resilient school leaders: stategies for turning adversity into achievement. Alexandria: Association for Supervission and Curriculum Develompent (ASCD).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2014 Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rahayu.A. (2015). Metode Struktural Kesejahteraan Subjektif tenaga kerja wanita Indonesia di luar negeri. 124-126

Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor. New York: Random House, Inc.

Seligman, M.E.P & Csikszentmihalyi, M. (2000). Positive Psychology: An Intriduction. American Psychologist, 55, 5-14


Article Metrics

Abstract view : 132 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Anizar Rahayu, Ida Saidah, Robert Yusnanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by