PENDAMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA ANAK SD DI MASA PANDEMI

Putri Dwi Rahayu(1*), Aprilia Nur Azizah(2), Avisa Sekar Aprillia(3), Achmad Room Fitrianto(4),

(1) UIN Sunan Ampel Surabaya
(2) UIN Sunan Ampel Surabaya
(3) UIN Sunan Ampel Surabaya
(4) UIN Sunan Ampel Surabaya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i3.23273

Abstract


Pandemi COVID-19 memberikan dampak buruk disemua lini kehidupan. Dengan adanya pembatasan sosial yang menjadikan metode pembelajaran tatap muka tidak dilakukan ditengarahi akan mempengaruhi kualitas pengajaran. Penurunan Kualitas pengajaran yang diangkat dalam paper ini adalah penurunan tingkat pemahaman siswa dalam pelajaran bahasa Inggris. Hal tersebut dikarenakan turunya motivasi belajar yang dimiliki siswa. Dalam hal ini peneliti melakukan upaya untuk meningkatkan pemahaman mereka kembali dengan diadakannya bimbingan belajar. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal yaitu 1. Pre-test untuk mengetahui tingkat pemahaman pemahaman awal bahasa Inggris siswa. 2. Bimbingan belajar dengan metode belajar sambil bermain. 3. Post-test untuk mengetahui pemahaman akhir bahasa Inggris yang didapat setelah siswa memperoleh bimbingan. Bimbingan ini dilakukan di salah satu wilayah yang ada di Surabaya Timu, yaitu di Jalan Mojo Kidul. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa siswa sekolah dasar di wilayah Mojo Kidul mengalami peningkatan pemahaman bahasa Inggris setelah diadakannya bimbingan belajar, hal ini terlihat dari nilai post-test yang mereka dapatkan. Serta kemampuan pengucapan dan penyebutan kosa kata yang tepat.

Keywords


Bimbingan belajar; siswa sekolah dasar; bahasa inggris; pandemi

References


Abidin, Y. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Aedi, N & Amaliyah, N. (2016). Manajemen Kurikulum Sekolah. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Dewi, V. S., & Maharani, S. (2016). IBM Membangun “Desa Cermat” Melalui Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Terapan Abdimas, 1(1), 1-7.

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW. DEV. 100.2. A Pada siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Electro, 1(2), 83.

Fitrianto, A. R. (2021). Sustainable Livelihood Approach Addressing Community’s Economic Distress Facing the Covid 19 Outbreak: A Methodological Concept. In International Conference on Business and Engineering Management (ICBEM 2021) (pp. 55-61). Atlantis Press.

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Haris, M. (2020). Pendampingan Siswa Belajar di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Menggunakan Media Pembelajaran Buletin Fisika Berbentuk Buku Saku. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Islam Madura.

Hurit, R. U., dkk. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Media SAINS Indonesia

Kuspiyah, H. R., Zulaikah, Z., & Nuriah, A. L. (2021). Pendampingan Kelompok Belajar Bahasa Inggris Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 1121-1129.

Maghfiroh, F., Sholikhah, H. A., & Sofyan, A. F. (2019). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa. Jurnal ilmiah PGMI, 5(1). 95-105.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu dan Mengapa Dipersoalkan. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1). 25.

Matondang, E. M. (2005). Menumbuhkan Minat Belajar Bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui Lagu dan Gerak. Jurnal Pendidikan Penabur.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja RoSDakarya.

Prasetyo, T., Zulela, M. S., & Fahrurrozi, F. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3617-3628.

Subagyo, P. (1994). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133-140.

Susanthi, I. G. A. A. D. (2021). Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64-70.

Walgito, B. (2004). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Andi


Article Metrics

Abstract view : 16 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Putri Dwi Rahayu, Aprilia Nur Azizah, Avisa Sekar Aprillia, Achmad Room Fitrianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by