Peningkatan Kreativitas Guru Fisika melalui Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Motor Listrik Sederhana

Nurita Apridiana Lestari(1*),

(1) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v14i1.23048

Abstract


Kegiatan pengabdian terkait pengembangan kemampuan dalam membuat media pembelajaran berupa motor listrik sederhana dilaksanakan dengan dihadiri oleh peserta guru fisika dari Kabupaten Kediri. Media pembelajaran yang dibuat adalah berupa set motor listrik sederhana menggunakan alat dan bahan yang mudah disiapkan. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri atas, 1)Tahap Persiapan, 2)Tahap Pelaksaan pengabdian, 3)Tahap Analisis Hasil Pengabdian, 4)Tahap Evaluasi. Berdasarkan hasil analisis efektivitas kegiatan melalui angket respon dan penilaian kinerja, diketahui bahwa peserta merasa puas dan antusias terhadap pelaksanaan kegiatan pendampingan. Hal ini dibuktikan dari tingginya respon peserta baik selama kegiatan berlangsung serta kegiatan lanjutan berupa pembuatan LKS untuk materi fisika menggunakan media pembelajaran yang telah dibuat. Keseluruhan peserta dapat mengikuti kegiatan pendampingan dengan baik dan tertib.


Keywords


motor listrik sederhana, media pembelajaran fisika

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ates, S. (2005). The Effects of Learning Cycle on College Students’ Understandings of Different Aspects in Resistive DC Circuits. Electronic Journal of Science Education, 9(4)

Didik, L. A. (2019). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Listrik Magnet dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Kompetensi Mahapeserta didik Calon Guru Fisika. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 3(2): 70-74

Erliza. (2014). Peningkatan Prestasi Belajar IPA melalui Penggunaan Alat Peraga Elektromagnet Kelas IX 6 SMPN 1 Rambah Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Edu Research, 3(2): 89-96

Maghfiroh, E. dan Sucahyo, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Hukum Lenz pada Materi Induksi Elektromagnetik di MBI Amanatul Ummah. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2): 143-148

Saroja, G. (2013). Pembelajaran Gaya Magnetik untuk Peserta didik SLTA melalui Eksperimen Motor Listrik Sederhana. ERUDIO, 2(1): 65-68

Saroja, G., Nadhir, A., Maryanto, S., Santoso, D. R. dan Sakti, S.P. (2014). Pemanfaatan Alat Peraga untuk Proses Pembelajaran Fisika di SLTA. ERUDIO 2(2): 8-12

Soenarko, B. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Memanfaatkan Bahan Bekas untuk Guru Sekolah Dasar pada Anggota Gugus 2 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal Abdinus, 1(2): 96-106

Wulantri dan Ali, S. (2018). Pengembangan Alat Peraga Fisika Materi Induksi Elektromagnetik di Kelas XII SMA. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3): 179-185

Yunita, I. dan Ilyas, A. (2019). Efektivitas Alat Peraga Induksi Elektromagnetik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2): 245-253


Article Metrics

Abstract view : 14 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Nurita Apridiana Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by